Pergantian Kaisar, Jepang Masuki Era Reiwa

Jumat, 03 Mei 2019 | 13.00 WIB

Pergantian Kaisar, Jepang Masuki Era Reiwa

Bendera Jepang (ist)



Centroone.com - Pekan ini sebuah momen bersejarah terjadi di Jepang.  Kaisar Akihito secara resmi telah turun tahta sebagai Kaisar Jepang, mengakhiri era Heisei selama tiga dekade. 

Dilaporkan BBC, upacara Taiirei-Seiden-nogi atau turun tahta diadakan tertutup di Istana Kekaisaran pada Selasa, 30 April 2019.   Akihito, 85 tahun adalah anggota Kaisar Jepang pertama yang melepaskan tahta kerajaan dalam dua abad.

Istrinya, Permaisuri Michiko adalah warga negara biasa pertama yang menikahi putra mahkota dan pasangan itu telah menikah selama 60 tahun serta dianugerahi dua orang putra Naruhito dan  Fumihito (Pangeran Akishino) serta seorang putri , Sayako Kuroda (Putri Nori) 

Sementara itu sebagai pengganti Kaisar Akihito, pada 1 Mei 2019 putra sulungnya, Putra Mahkota Naruhito   mewarisi takhta sebagai Kaisar baru  Jepang.  Naruhito yang berusia 59 tahun menjadi kaisar setelah secara simbolis menerima kepemilikan 'harta suci' Jepang yakni sebuah pedang, permata, dan cermin.   

Kaisar Naruhito menjadi  kaisar ke-5 Periode Jepang Modern sekaligus memimpin era baru yang disebut sebagai era Reiwa. bbs