Untuk Ritel Online, Toko Offline Kini Punya Tugas Ganda

Selasa, 28 Mei 2019 | 16.00 WIB

Untuk Ritel Online, Toko Offline Kini Punya Tugas Ganda

ilustrasi (pixabay)


Centroone.com - Bagi sebagian besar pebisnis ritel baik di Indonesia serta di sejumlah belahan dunia lainnya.  Demi mengantisipasi banyaknya aktivitas belanja yang akan terjadi secara online, para pengecer dan penyedia logistik telah dengan cepat meningkatkan penawaran pengiriman mereka. Konsumen tidak mau mengambil risiko hilangnya pengiriman langsung ke rumah sehingga pengiriman “click and collect” diperkirakan akan meningkat. 

Banyak pengusaha ritel tradisional mendorong pengiriman “click and collect” berbasis toko melalui pengambilan di toko yang gratis atau lebih murah guna mendorong penjualan tambahan.  Pebisnis ritel juga berfokus pada strategi baru, yaitu ‘pengiriman dari toko’, yang menggunakan lokasi toko mereka untuk berfungsi ganda sebagai pusat fulfillment online untuk pengiriman dan pengembalian e-commerce.  

Studi Future of Fulfillment Vision yang dilakukan oleh Zebra Technologies menemukan 76% pengusaha ritel saat ini menggunakan inventaris toko untuk memenuhi pesanan online. 

"Enam dari 10 memperkirakan jumlah itu akan terus bertumbuh dan diperkirakan 96 % pengecer akan mendedikasikan pusat fulfillment untuk pesanan online di tahun 2028. Dengan meningkatnya ekspektasi pelanggan untuk pengiriman di hari yang sama dan bahkan dalam kurun waktu dua jam, memenuhi pesanan digital dari lokasi penjualan offline merupakan satu strategi yang mulai dilakukan oleh pelaku ritel, dan langkah ini akan segera menjadi syarat keberhasilan utama." ujar  Ben Marvin Tan, Country Manager−Indonesia at Zebra Technologies. 

Ekonomi on- demand menciptakan ekspektasi pembelanja yang lebih tinggi lagi sehingga semakin menambah tuntutan terhadap para pengusaha ritel selama periode ini. Konsumen ‘yang selalu terhubung’ memiliki ekspektasi yang lebih tinggi daripada sebelumnya. Harapan ini termasuk menginginkan opsi pembelian dan pengiriman terbaru, pengiriman yang lebih cepat dan pengalaman online yang lancar.  by