Siapa Saja Perlu Pengamanan Data Dengan Teknologi NTA ?

Minggu, 26 Mei 2019 | 18.00 WIB

Siapa Saja Perlu Pengamanan Data Dengan Teknologi NTA ?

ilustrasi (pixabay)


Centroone.com - Analisis lalu lintas jaringan membantu memantau semua kegiatan dalam jaringan, tidak hanya di perimeter, tetapi juga antara titik akhir dan server. Teknologi ini  dapat mengidentifikasi sumber dari titik akhir apa pun yang bertanggung jawab atas serangan maya yang sedang berlangsung. Lebih dari itu, ia dapat mendeteksi datangnya serangan sejak jauh hari, karena setiap serangan pasti membutuhkan tahapan dan komunikasi untuk mempersiapkan serangan, aktivitas-aktivitas rahasia inilah yang kemudian dapat dibaca secara detil dan tahap berikutnya perangkat akan melokalisasi.

Perusahaan tidak hanya menangani lebih banyak data, tetapi jenis data juga semakin meluas. Aliran data berisi semuanya mulai dari angka inventaris dan informasi keuangan hingga video, gambar, dan data tidak terstruktur lainnya yang berasal dari media sosial, seluler, dan Internet of Things (IoT). Semua jenis data yang bervariasi ini perlu dipusatkan, diatur, dan dibuat dapat diakses dan dapat digunakan untuk bisnis, namun tetap aman dari gangguan kejahatan siber.

“Analisis lalu lintas jaringan adalah teknologi canggih yang dibangun menggunakan kombinasi kecerdasan buatan (AI), machine learning dan analis data canggih. Kemampuannya mengawasi aktivitas secara real time seperti mata yang dapat melihat segalanya, mengenali setiap permasalahan yang muncul di jaringan.” tukas IT Security Consultant PT Prosperita–ESET Indonesia, Yudhi Kukuh.  
 
Yudhi menambahkan bahwa analisis lalu lintas jaringan merupakan salah satu teknologi yang dikembangkan oleh GreyCortex dengan solusinya yang bernama Mendel. GreyCortex adalah salah satu ESET Technology Alliance. Keungulan utamanya adalah mendeteksi serangan Advanced Persistence Threat/targeted attack yang sangat ditakuti di dunia IT 

Perusahaan skala menengah dan atas yang mengelola beragam data dalam jumlah yang sangat banyak dan lalu lalang dalam jaringan perusahaan perlu menerapkan teknologi analisis lalu lintas jaringan dalam sistem keamanan jaringannya. Mengandalkan keamanan perimeter tidak cukup untuk terus mengawasi setiap aktivitas di jaringan, jawabannya tentu mengandalkan analisis lalu lintas jaringan untuk mengawasi atau memantau secara konsisten selama 24/7 karena memang dirancang untuk itu. 

Jika pertanyaannya sektor apa yang paling memerlukan, maka infrastruktur penting seperti pembangkit listrik, perusahaan transmisi, pengolahan minyak dan gas, pabrik-pabrik, bandara sampai layanan pengiriman yang secara default menggunakan SCADA/ICS perlu mengimplementasikannya dalam sistem mereka sebagai bagian dari pertahanan yang komprehensif mendeteksi semua hal yang terjadi di jaringan. Selain itu, instansi pemerintah juga harus ikut ambil bagian dalam penggunaan analisis lalu lintas jaringan untuk melindungi diri dari cyberespionage yang eksistensinya semakin mengkhawatirkan. by 


...
0




There are 0 comments in this current article