Pekerja Box Culvert Tewas Tertimpa Tutup Beton

Sabtu, 25 Mei 2019 | 23.00 WIB

Pekerja Box Culvert Tewas Tertimpa Tutup Beton

Proses evakuasi korban yang tertimpa tutup beton box culvert. (WIndhi/Centroone)


Centroone.com - Salah seorang pekerja galian box culvert, proyek Pemkot Surabaya, Sabtu (25/5/2019) malam, tewas tertimpa tutup beton box culvert lama. Korban tewas adalah Matsari (39), warga Sumber Gentong RT 002 RW 003 Desa Klepu Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Malang. Kini kecelakaan kerja itu ditangani Polsek Wonokromo.

Kronologinya, malam itu korban bersama rekan-rekannya yang disaksikan Ainur Rofiq (55), warga Desa Sumber Gentong RT 017 RW 003 Kelurahan Klepu Kecamatan Sumber Manjing Wetan sebagai mandor atau kepala tukang, mengerjakan pembersihan tanah galian sekira pukul 19.25. Pekerjaan itu dilakukan di Jl Wonokoyo atau di depan rumah nomor 25, kawasan Taman Bungkul.

Hal itu dibenarkan Ainur Rofiq. Menurutnya, sekitar pukul 19.25, korban bersama rekan-rekannya memang kebagian tugas mengerjakan bangunan box culvert. “Saat itu almarhum berada di bawah sedang membersihkan tanah sebelum pemasangan box culvert. Naas, saat itu tiba-tiba tembok runtuh dan menimpa almarhum. Sebelumnya memang ada getaran, itu dirasakan rekan-rekan yang lain, sehingga banyak yang menyelamatkan diri. Hanya almarhum yang tak selamat,” tandas Ainur.

Galian box culvert itu mencapai 1,2 meter. Sehingga proses evakuasi korban juga sangat sulit. Untuk memindahkan beton tutup box culvert itu sangat sulit, beberapa orang tak bisa mengangkatnya. Untuk itu butuh bantuan escavator dan butuh waktu lama. Korban tertimpa beton tepat mengenai punggungnya. Bahkan tubuh korban yang tertindih itu sampai masuk ke dalam tanah galian.

Petugas kepolisian yang tiba di lokasi, langsung mengamankan tempat kejadian dan meminta keterangan kepada pemborong. Setelah dievakuasi, korban dibawa ke kamar jenazah RSU Dr Soetomo. (windhi/by)