Bulan Ramadhan, Konsumen Habiskan Lebih Banyak Waktu di Internet

Jumat, 24 Mei 2019 | 18.00 WIB

Bulan Ramadhan, Konsumen Habiskan Lebih Banyak Waktu di Internet

Infografis Ramadhan Google (Google)


Centroone.com - Warganet memilih internet sebagai tempat menghabiskan waktu selama bulan Ramadhan. Tidak hanya untuk mencari dan membaca doa, mendengarkan ceramah, serta informasi zakat warganet juga aktif menelusuri informasi terkait pakaian, perjalanan, makanan, dan kecantikan. 

Data nsight dan tren terbaru mengenai kebiasaan konsumen Indonesia selama bulan Ramadan dari Google menyebutkan penelusuran terkait pakaian, perjalanan, makanan, dan kecantikan naik sampai 40% dibandingkan bulan-bulan biasa.  Sementara pencarian informasi terkait doa, cerama serta Zakat juga naik signifikan. (doa (+2x), ceramah (+2x), dan zakat (+16x))

“Ramadan adalah bulan spiritual. Dan pada bulan ini juga konsumen biasanya menghabiskan lebih banyak waktu di internet dibandingkan bulan-bulan biasa,” ucap Ariani Dwijayanti, Insights Specialist di Google Indonesia. 

Data di Google Trends juga menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia menginginkan produk-produk kecantikan yang halal, termasuk kuteks halal, kosmetik halal, dan lip tint halal.  Mode dan kecantikan, pada khususnya, termasuk dalam kategori utama dan menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia ingin tetap tampil maksimal selama bulan Ramadan, dengan data penelusuran untuk gaya rambut naik 2-3 kali lipat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.  

"Kami berdiskusi tentang banyak hal dan menemukan berbagai insight menarik yang kami implementasikan untuk semakin memfokuskan kampanye Ramadan Wardah tahun ini. Pada tahun ini, filosofi Wardah Cantik Dari Hati, yang merupakan payung dari kampanye Ramadan yang kami lakukan setiap tahun, diturunkan menjadi tema #SelaluBersyukur. Melalui tema ini, Wardah ingin mengajak masyarakat untuk menjaga kecantikan hati melalui rasa syukur,'' kata Putri Diah Paramita, Marketing Director dari PT Paragon Technology and Innovation. by