Bulan Ramadhan Ini Waktu Tonton di Youtube Makin Meningkat

Jumat, 24 Mei 2019 | 20.00 WIB

Bulan Ramadhan Ini Waktu Tonton di Youtube Makin Meningkat

Infografis Ramadhan Google (Google)


Centroone.com - Warganet memilih internet sebagai tempat menghabiskan waktu selama bulan Ramadhan. Selain mencari dan membaca doa, mendengarkan ceramah, serta informasi zakat di Google, Youtube juga jadi salah satu tujuan utama mencari informasi-informasi terkait tersebut. 

Jenis video yang ditonton di YouTube, terutama video bertema keagamaan (lagu-lagu keagamaan, pembacaan ayat suci Al Quran, dan ceramah agama Islam), video yang berhubungan dengan makanan (tutorial memasak, tutorial membuat kue, dan vlog makanan), serta channel kecantikan (tutorial hijab, make-up yang tahan lama, dan tips-tips make-up untuk pemula) turut naik. 

“Waktu tonton untuk 100 channel teratas di YouTube juga naik 40% selama Ramadan tahun lalu, sementara volume penelusuran tahun lalu seputar makanan dan minuman (F&B), pakaian, perjalanan, dan kecantikan naik hingga 40% dibandingkan bukan bulan Ramadan.” tukas Ariani Dwijayanti, Insights Specialist di Google Indonesia. 

Data Google menyebutkan penelusuran terkait pakaian, perjalanan, makanan, dan kecantikan naik sampai 40% dibandingkan bulan-bulan biasa.  Sementara pencarian informasi terkait doa, cerama serta Zakat juga naik signifikan. (doa (+2x), ceramah (+2x), dan zakat (+16x)). by