Mengintip Kendaraan Bulan Orang Terkaya Dunia

Kamis, 23 Mei 2019 | 14.00 WIB

Mengintip Kendaraan Bulan Orang Terkaya Dunia

Blue Moon (BlueOrigin)


Centroone.com - Perusahaan antariksa Blue Origin - milik salah satu orang terkaya dunia, Jeff Bezos beberapa waktu lalu memperkenalkan kendaraan luar angkasa mereka, Blue Moon. 

Perusahaan tersebut berencana untuk menerbangkan Blue Moon pada 2024. Blue Moon dapat digunakan tidak hanya untuk membawa astronot tetapi juga untuk mengangkut kargo ketika koloni pertama dibuka di permukaan bulan.

Inisiatif Blue Moon sendiri merupakan usaha untuk membangun infrastruktur di permukaan bulan hingga para wirausahawan dapat mulai membangun bisnis luar angkasa.  Jeff Bezos seperti dilansir Engadget berbicara tentang kemungkinan memanfaatkan sumber daya di bulan untuk energi, karena sumber daya bumi akan habis di masa depan. 

Selain itu, ia mengatakan bulan adalah tempat yang baik untuk pembuatan, karena akan membutuhkan energi 24 kali lebih sedikit untuk mengangkut material dari permukaannya dibandingkan dengan Bumi karena gravitasi yang lebih rendah. Pesawat ruang angkasa Blue Moon setinggi 5,5 meter dengan kemampuan untuk mengangkut 3,6 ton kargo. Versi yang lebih besar akan diproduksi dengan kemampuan mengangkut 6,5 ton kargo. 

Dilansir dari situs resmi mereka, Blue Moon akan diterbangkan ke bulan menggunakan roket New Glenn yang lebih kuat daripada roket New Shepard yang ditunjukkan oleh Blue Origin sebelumnya. Blue Origin akan menawarkan pengalaman perjalanan ruang angkasa menggunakan New Shepard pada awal 2022 dengan tiket dijual dengan harga mulai dari USD 200.000 per kepala.  by