Program Baru JRP Indonesia Latih Soft Skill Start-Up

Rabu, 22 Mei 2019 | 23.59 WIB

Program Baru JRP Indonesia Latih Soft Skill Start-Up

Indayati Oetomo. (Windhi/Centroone)


Centroone.com - Berkembangnya start-up di Kota Surabaya dilirik John Robert Powers (JRP) Indonesia. Dunia yang lebih banyak berhubungan dengan dunia daring ini, rupanya memiliki peluang bagi sekolah kepribadian sekelas JRP Indonesia. Untuk itulah, Indayati Oetomo selaku Komisaris & International Director JRP Indonesia menegaskan akan membuka program baru yang fokus pada start-up.

JRP Indonesia siap mengembangkan soft skill para start-up ini. Menurut dia, para start-up yang tak hanya di Surabaya saja, melainkan di seluruh Indonesia memiliki ide-ide kreatif yang sangat baik. "Sayangnya para start-up yang memiliki inovasi selalu berkembang ini diakui jika IQ-nya bagus, tapi etikanya unlike, fighting spiritnya rendah," tegas Indayati Oetomo.

Lebih jauh dikatakan Indayati, para star-up ini dianggap bosenan (tidak konsisten menjalani usahanya), tidak pernah punya satu kekukuhan. Karena itu, melalui program baru JRP Indonesia tersebut, Indayati ingin mengajarkan atau melengkapi kekurangan para start-up tersebut. 

"Kita ingin melengkapi para start-up dengan hal-hal tersebut. Jika itu yang dilengkapi, saya percaya dan yakin jika para start-up itu akan menjadi leading market. Bagaimana dia menghormati orang, bagaimana dia bisa respect sama senior. Bagaimana dia mau menawarkan produknya jika mereka tidak tahu tata cara untuk bisa presentasi atau bagaimana dia bisa memahami customer dengan baik, tentunya tak laku," jelas Indayati.

Start-up itu tumbuhnya sama, bak jamur di musim hujan. Tumbuhnya bersamaan tapi jika tak bisa menjual produknya dengan baik, maka akan berjatuhan dengan sendirinya. Jangan sampai usaha yang sudah dibina itu akan tenggelam dengan sendirinya.

Program bagi start-up di JRP Indonesia ini juga tak butuh waktu yang lama, karena para start-up pada dasarnya memang tak memiliki waktu luang. "Cukup dengan short time, kita sudah bisa mengasah dan menumbuhkan soft skill para start-up ini. Kita akan tekankan ke komunikasinya. Program ini lah yang akan kita luncurkan dalam waktu dekat," tandas Indayati Oetomo. (windhi/by)