Zombieload Hantui Pengguna Chip Intel

Rabu, 22 Mei 2019 | 14.00 WIB

Zombieload Hantui Pengguna Chip Intel

ilustrasi celah Zombieload (ist)


Centroone.com - Awal tahun ini,  penemuan "lubang" keamanan pada prosessor komputer buatan  Intel Corp, Advanced Micro Devices, dan ARM Holdings yang diberi nama Meltdown dan Spectre menggegerkan dunia.  Dua celah ini bisa ditemui pada chip prosessor Intel Corp, Advanced Micro Devices, dan ARM Holdings.

Belakangan, prosessor Intel punya masalah baru bernama Zombieload. Chip Intel sejak 2011 disebut terpengaruh.

Disebut ZombieLoad, celah ini disebut mirip dengan Specter dan Meltdown, tetapi tidak mengharuskan peretas untuk menyuntikkan perangkat lunak berbahaya ke dalam codec prosessor. Pada Zombieload, peretas menggunakan celah yang ada untuk mendapatkan informasi pengguna.

Lebih serius lagi, peretas juga bisa mendapatkan informasi yang terdapat dalam lingkungan mesin virtual yang harusnya terpisahkan dari lingkungan sistem operasi. Intel juga mencatat bahwa kerentanan ini tidak hanya pada chip prosessor versi komersial yang dijual pada pengguna umum, tetapi juga prosessor yang digunakan di lingkungan pusat data.

Menurut Intel, seri prosessor yang membawa masalah ini mulai dari seri Intel Sandy Bridge ke Whiskey Lake yang baru saja diluncurkan tahun lalu. Celah ini sendiri, seperti dilaporkan Tech Crunch sudah diketahui oleh sejumlah pihak seperti   

Microsoft, Apple dan Google. Perusahaan-perusahaan ini, bersama dengan Intel telah menghadirkan pembaruan untuk prosessor dan perangkat lunak untuk menambal celah tersebut.  by