Google Ikut Cekal Huawei, Dukungan Android Ditangguhkan

Senin, 20 Mei 2019 | 18.00 WIB

Google Ikut Cekal Huawei, Dukungan Android Ditangguhkan

logo Huawei (dokCentroone)


troone.com - Pencekalan pemerintah AS terhadap Huawei, dimana Huawei dilarang melakukan pembelian atau perdagangan dengan perusahaan dari Amerika Serikat tanpa seijin pemerintah AS mulai berdampak pada bisnis smartphone mereka. 

Dilaporkan The Verge - Google secara mengejutkan, langsung mengikuti larangan tersebut dan menangguhkan akses dan dukungan Android pada perangkat Huawei. Dengan penangguhan ini smartphone generasi berikutnya Huawei tidak akan lagi menerima lisensi menggunakan Android.

Dengan penangguhan kerjasama dan lisensi ini, Huawei masih dapat menggunakan Android hanya beberapa layanan dari Google akan dibatasi  termasuk Google Play Store, Gmail, Youtube, Maps, dan semua aplikasi yang bergantung pada Google Play Service Framework.

Sementara aplikasi populer seperti Chrome, Gmail, Youtube, dan Maps semuanya tergantung pada Layanan Google Play. Tanpa Google Play Services, aplikasi-aplikasi ini tidak akan berfungsi walaupun dapat dibuka.

Namun meski menangguhkan kerjasama dan menarik lisensi mereka, Google menegaskan semua layanan mereka yang sudah ada di perangkat Huawei tetap bisa digunakan. 

"Untuk mereka para pengguna Huawei yang bertanya, terkait langkah-langkah kami untuk mematuhi kebijakan pemerintah AS baru-baru ini: Kami jamin, selama kami mematuhi semua kebijakan pemerintah AS, layanan seperti Google Play & keamanan dari Google Play Protect akan tetap berfungsi pada perangkat Huawei" tukas divisi Android Google dalam cuitan di akun resmi Android, @Android. by 

Nantinya, tanpa lisensi dari Google, Huawei hanya dapat mengakses Android versi AOSP (Android Open Source Project)  - langkah yang sebenarnya sudah banyak dilakukan produsen asal China.  Layanan Google sendiri seperti diketahui tidak diijinkan beredar di China.  Huawei sendiri saat ini diketahui adalah produsen smartphone terbesar kedua dunia. by