Sempat Dilarang, Nepal "Bebaskan" PUBG

Minggu, 28 Apr 2019 | 15.00 WIB

Sempat Dilarang, Nepal

Poster PUBG (PUBG)



Centroone.com - 2 Pekan lalu,  pihak berwenang Nepal memutuskan untuk memblokir dan melarang keberadaan game battle royale populer PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) di negara itu.

Atas permintaan agen  federal, Otoritas Telekomunikasi Nepal (NTA) telah memerintahkan ISP, produsen ponsel dan penyedia layanan jaringan untuk memblokir PUBG.   Kekhawatiran anak-anak dan remaja bakal kecanduan, jadi alasan utama Nepal memblokir PUBG. 

Meski terlihat sepele, namun dengan dilarangnya PUBG di negara itu - Polisi bisa menangkap siapa pun yang ditemukan memainkan game itu  di dalam negeri. ISP atau produsen seluler juga dapat dikenakan tindakan jika mereka mengizinkan akses ke game ini. 

Belakangan larangan itu dan pemblokiran dicabut. Dalam banding di Mahkamah Agung Nepal , PUBG akhirnya "dibebaskan." 

Menurut laporan The Himalayan Times, Mahkamah Agung Nepal mengeluarkan arahan untuk mencabut larangan tersebut dan meminta pemerintah Nepal untuk memberikan alasan yang kuat dan bukti larangan tersebut.

Menurut Mahkamah Agung, larangan itu merupakan pelanggaran hak kebebasan bagi rakyat Nepal untuk menjadikan permainan sebagai bagian dari hiburan.   by