Korban Tewas 359 Orang, ISIS Klaim Tanggung Jawab

Kamis, 25 Apr 2019 | 18.00 WIB

Korban Tewas 359 Orang, ISIS Klaim Tanggung Jawab

ilustrasi (GoogleMap/Pixabay)



Centroone.com - Jumlah korban tewas akibat serangkaian bom bunuh diri di Sri Lanka mencapai angka 359 orang. Peristiwa yang terjadi di sejumlah hotel dan gereja di Sri Lanka, Minggu, (21/04/2019) itu turut mengakibatkan 500 orang terluka. 

Terkait serangan yang disebut terburuk sepanjang sejarah Sri Lanka, yang bertepatan dengan perayaan paskah di sejumlah gereja itu, polisi telah mengamankan setidaknya 60 orang.  

Sementara itu, Selasa (23/4), Kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) atau Daesh mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut. Dari sebuah video yang dirilis kelompok tersebut - ISIS memperkenalkan sosok pemimpin Nasional Jemaah Tauhid (NTJ), Zahran, yang diyakini sebagai dalang utama.

Kelompok Nasional Jemaah Tauhid (NTJ),  endiri merupakan salah satu kelompok yang diduga kuat oleh pemerintah Sri Lanka sebagai dalang serangan. Menurut ISIS, serangan tersebut merupakan serangan balas dendam pada dua masjid di Selandia Baru bulan lalu.

Adapun delapan dari sembilan pelaku telah dikenali oleh polisi namun nama-namanya belum dirilis.  Salah satu diantara pelaku adalah wanita.    Sementara dua diantaranya bersaudara dan berasal dari keluarga kaya. 
 
Gereja -gereja yang jadi sasaran berada di Negombo, Batticaloa dan Kolombo, sedangkan hotel-hotel yang dibom termasuk hotel Shangri-La, Cinnamon Grand dan Kingsbury di Colombo.  Total setidaknya 8 ledakan terjadi.  bbs