Akali Klaim Garansi, 2 Mahasiswa Tipu Apple Rp 14 M

Rabu, 24 Apr 2019 | 10.00 WIB

Akali Klaim Garansi, 2 Mahasiswa Tipu Apple Rp 14 M

ilustrasi (pixabay)



Centroone.com - 2 mahasiswa di Oregon, Amerika Serikat (AS) dibekuk dan diadili setelah diduga menipu raksasa teknologi Apple hampir USD 1 Juta atau sekitar Rp 14 Miliar.  

Penipuan itu dimulai pada tahun 2017 ketika mahasiswa teknik dari Tiongkok, Yangyang Zhou dan Quan Jiang mulai menyelundupkan iPhone palsu dari Cina ke AS. Modus yang digunakan keduanya adalah dengan mengirim perangkat palsu untuk perbaikan atau penggantian di toko Apple resmi, dengan alasan tidak dapat dihidupkan.

Dilansir dari The Verge, Kemudian iPhone 'asli' yang diperoleh melalui penggantian kemudian akan dikirim ke China untuk dijual kembali.    Hasil penjualan dikirim ibu Jiang  ke rekening anaknya di AS. 

Di pengadilan, Jiang dituding melakukan 3.069 klaim garansi dan hasilnya, Apple telah memberikan 1.493 penggantian iPhone dengan kerugian hampir USD 900.000 dari penipuan ini. Jiang dan Zhou mengklaim mereka tidak tahu bahwa telepon itu palsu, tambah laporan itu. 

Oleh pengadilan - Zhou dituduh mengekspor barang secara ilegal sementara Jiang menghadapi tuduhan perdagangan ilegal penipuan dan penipuan.  by