Perbaiki ISS,NASA Kirim Robot "Lebah"

Selasa, 23 Apr 2019 | 12.00 WIB

Perbaiki ISS,NASA Kirim Robot

Astrobee (NASA)



Centroone.com - Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) akan menggunakan robot 'lebah' yang dikenal sebagai Astrobee untuk proyek perbaikan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). 

Dilaporkan , IEEE Spectrum -  dua unit Astrobee yakni Honey dan Bumble telah diluncurkan dan kini tengah dalam perjalanan ke ISS. 

"Manusia hanya bisa melakukan beberapa tugas di luar angkasa. Sisanya bisa dilakukan oleh robot. Untuk menghemat waktu para astronot di ISS, kami akan mengirim tiga robot asisten ke stasiun, "kata juru bicara NASA.

Astrobee diproduksi dan diuji di Ames Research Center NASA  beberapa tahun terakhir. Desainnya terinspirasi dari  robot droid yang digunakan oleh karakter Luke Skywalker untuk berlatih menggunakan pedang lightsaber dalam film Star Wars: A New Hope.Desain Astrobee di situs web resmi NASA pada Oktober menunjukkan sebuah robot kecil dengan dimensi lebar dan panjang 30,5 sentimeter. 

Setiap robot Astrobee dilengkapi dengan kamera terpisah untuk memungkinkannya bergerak secara independen tanpa merusak benda lain dan dapat dipasangi lengan robot tambahan jika perlu untuk membawa kargo atau menjalankan eksperimen lainnya.   by