Mencegah Lebih Baik Dari Mengobati,Tekankan Pentingnya Skrining

Minggu, 21 Apr 2019 | 18.00 WIB

Mencegah Lebih Baik Dari Mengobati,Tekankan Pentingnya Skrining

Arumi Emil Dardak diapit dua founder MedicElle Clinic (kiri) Amira Cholid Bawazeer dan dr Sahar Bawazeer, Sp.B (Kanan)



Centroone.com - Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Lewat deteksi dini atau skrining, bibit penyakit bisa terdeteksi lebih awal sehingga semakin besar kemungkinan penyakit tersebut dapat dicegah atau diobati. 

"Edukasi paling penting.  Masyarakat yang harusnya aktif ke rumah sakit, namun kebanyakan masyarakat takut. Itu yang kita ingin rubah. Bukan berarti datang ada sesuatu, tapi jika ada sesuatu bisa diobati. Kanker payudara bisa diobati tanpa kemo, tanpa (payudara) diangkat jika cepat ketahuan. " jelas dr Sahar Bawazeer, Sp.B, dokter sekaligus Co Founder MedicElle Clinic. 

"Poin penting terutama dalam kanker adalah deteksi dini. Semakin cepat terdeteksi semakin cepat pengobatan.pasien juga tidak perlu menjalani pengobatan berat - yang tidak nyaman.  "  tambah dr Sahar lagi. 

Selain skrining untuk preventif penyakit , MedicElle Clinic - klinik kesehatan khusus wanita pertama di Surabaya juga mengadakan skrining untuk pasangan yang akan menikah.  Untuk mendeteksi kemungkinan masalah kesehatan yang muncul ketika sudah menikah. 

"(contohnya) Ada yang belum punya anak, ternyata ada kelainan pada darah. Hal itu tidak umum diketahui.  Jika tidak punya anak beberapa tahun bisa diperiksa dulu darahnya.  Skrining juga bisa dilakukan untuk mereka yang akan menikah. Skrining sebelum menikah juga bermacam-macam. " tambah Amira Cholid Bawazeer - yang juga co-founder MedicElle Clinic.  by