4 Pabrikan Motor Standarkan Charger-Baterai Motor Listrik

Jumat, 19 Apr 2019 | 21.00 WIB

4 Pabrikan Motor Standarkan Charger-Baterai Motor Listrik

Honda PCX, salah satu sepeda motor Honda yang bakal dirilis versi tenaga listrik (Honda)



Centroone.com - Empat pabrikan sepeda motor besar Jepang, Honda, Kawasaki, Suzuki dan Yamaha telah sepakat untuk menciptakan satu standar baterai dan sistem pengisian daya untuk sepeda motor listrik mereka. 

Untuk menetapkan standar tersebut - Honda, Kawasaki, Suzuki dan Yamaha telah untuk membentuk konsorsium. Empat nama besar kendaraan roda dua itu akan menggunakan sistem baterai yang bisa dilepas. Pemilik dapat dengan cepat mengganti baterai di stasiun pengisian tanpa harus menunggu baterai yang dapat diisi ulang.

Dilansir dari situs resmi Honda - Stasiun pengisian daya juga akan menggunakan standar pengisian dan kepala pengisi daya yang sama. Pemilik dapat pergi ke semua stasiun pengisian daya di Jepang tanpa harus khawatir perbedaan daya atau colokan.  

Kesepakatan empat nama besar ini, membuka adanya kemungkinan satu standar yang sama pada sektor motor listrik global. Seperti diketahui keempat nama pabrikan itu menyebarkan produk roda dua ke seluruh dunia. 

Langkah ini seperti yang terjadi pada ponsel. Di awal kehadirannya, setiap pabrikan ponsel menggunakan charger yang berbeda.  Kemudian pada tahun 2009 dimana era smartphone mulai muncul produsen sepakat untuk menstandarisasi pengguna port micro USB pada perangkat yang sekarang digantikan oleh USB-C. 

Standardisasi juga bisa membantu pabrikan mengurangi biaya produksi  untuk menghasilkan sistem pengisian daya yang berbeda.  by