Start-up Penghubung Nelayan-Pembeli Ikan Menangi Alipay-NUS Challenge

Jumat, 19 Apr 2019 | 14.00 WIB

Start-up Penghubung Nelayan-Pembeli Ikan Menangi Alipay-NUS Challenge

Para pemenang dan jajaran petinggi Alipay-NUS (Alipay-NUS Enterprise Social Innovation Challenge)



Centroone.com - Aruna, start-up asal Indonesia, keluar sebagai pemenang Alipay-NUS Enterprise Social Innovation Challenge.  Ajang tersebut diselenggarakan oleh Alipay dan dioperasikan oleh Ant Financial Services Group  bersama dengan NUS Enterprise, divisi kewirausahaan di Nasional University of Singapore (NUS). 

Aruna adalah perusahaan startup digital yang mengembangkan platform e-commerce untuk membantu komunitas nelayan di Indonesia untuk terhubung dengan para pembeli skala besar sehingga dapat menciptakan perdagangan ikan yang efisien, adil dan transparan bagi semua pihak. 

Dengan menghubungkan nelayan dan calon pembeli yang potensial melalui platform online Aruna, maka start-up ini dapat memangkas biaya transaksi secara dramatis, membantu para nelayan menaikkan harga jual hingga 20%, sedangkan pembeli dapat membayar hingga 15% lebih murah. Aruna telah melayani 1.701 kelompok nelayan di 16 provinsi.

“Kami sangat senang. Ini adalah pertama kalinya pekerjaan kami mendapatkan pengakuan internasional. Selanjutnya, kami akan bekerja untuk mengembangkan tim kami dan membantu lebih banyak nelayan keluar dari kemiskinan,” ujar Farid Naufal Aslam, CEO Aruna.

Aruna akan menerima hadiah total S$60.000, sementara delapan finalis lainnya dari Singapura, Malaysia dan Indonesia, masing-masing akan menerima hadiah S$10.000. Kesembilan start-up ini akan dibantu oleh NUS Enterprise, Alipay, mitra khusus International Finance Corporation (IFC) dan mitra pendukung lainnya dari Challenge tersebut, dalam rangka mengembangkan lebih lanjut ide-ide mereka.

Selain hadiah uang tunai, pemenang dan semua finalis juga akan mendapat manfaat dari program 10x1000 Tech for Inclusion, yang didirikan oleh IFC, anggota World Bank Group dan mitra khusus Challenge itu, serta Alipay. Program pelatihan yang komprehensif ini mendukung penciptaan 10.000 pakar teknologi di pasar negara-negara berkembang, baik dari sektor publik maupun swasta selama 10 tahun ke depan.  

“Kami meyakini bahwa teknologi adalah pendorong terbesar dari kebaikan sosial di era ini,” tutur Geoff Jiang, Vice President, General Manager of Technology and Business Innovation Group di Ant Financial.   by