Mengenal Karya Para Pemenang Shell LiveWIRE Energy Solutions

Rabu, 17 Apr 2019 | 14.00 WIB

Mengenal Karya Para Pemenang Shell LiveWIRE Energy Solutions

Para pemenang Shell LiveWIRE Energy Solutions 2019 (Shell)



Centroone.com - Sebagai bagian dari komitmen Shell membantu memenuhi peningkatan kebutuhan dunia terhadap energi dengan cara yang bertanggung jawab secara ekonomi, lingkungan dan sosial  Shell Indonesia  menggelar program kompetisi “Shell LiveWIRE Energy Solutions 2019”.

Kompetisi Shell LiveWIRE Energy Solutions yang dimulai sejak Agustus tahun lalu melalui serangkaian bootcamp/pelatihan bagi para wirausaha muda terpilih, akhirnya berhasil menentukan tiga wirausaha bidang energi terbaik.  Yakni Resikel Global Polimer, Biope serta Ecobiogas.   Ketiganya terpiih sebagai pemenang  dari 12 peserta yang berhasil masuk dalam babak akhir (final) atau Pitching ajang Shell LiveWIRE Energy Solution.  

Resikel Global Polimer adalah sebuah start-up yang menciptakan teknologi pyrolizer yang mengubah sampah organik dan non-organik menjadi bahan bakar padat dan cair serta insinerator untuk mengurangi volume sampah secara terkontrol dan signifikan.

"Pengalaman kami selama empat bulan di program ini membantu menajamkan kemampuan bisnis kami sehingga dapat dikembangkan untuk tujuan komersial serta memberikan manfaat lebih besar kepada lingkungan dan masyarakat.”  tutur  Luca Cada Lora dari Resikel Global Polimer. 

Sementara Biope, selama ini mengembangkan reaktor biogas dengan harga terjangkau. 

“Bisnis kami berangkat dari kepedulian kami terhadap masalah pengelolaan limbah peternakan yang dialami para peternak sapi di desa kami di Banyuwangi. Melalui program Shell LiveWIRE Energy Solutions, kami mendapatkan dukungan untuk mengembangkan produk reaktor biogas kami sehingga bisa lebih mudah diakses dan digunakan oleh masyarakat Indonesia.” tukas Izza Auliya Amukholidi dari tim Biope. 

Adapun tim Ecobiogas dengan inovasi berupa pengolahan sampah organik semi otomatisnya berhasil terpilih sebagai wirausaha muda bidang energi terbaik ketiga.     

“Motivasi kami di awal memulai usaha ini adalah menciptakan solusi untuk membantu masyarakat perkotaan dalam pengelolaan sampah organik dari industri dalam bentuk alat pengolah sampah organik semi-otomatis menjadi biogas yang dilengkapi dengan smart monotoring system sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi."  tutur Laila Sabrina dari Ecobiogas.  

Shell LiveWIRE Energy Solutions sendiri berawal dari  tahun 2017-2018, Shell Indonesia melakukan sebuah studi untuk mempelajari potensi bisnis energi bagi wirausaha muda. Hasil studi menunjukkan bahwa bisnis energi di Indonesia memiliki potensi pasar yang besar dan bertumbuh, dimana sebagian diantaranya adalah bisnis yang berkenaan dengan energi baru dan terbarukan, serta konservasi energi. by