Game Jadul Ini Jadi Inspirasi Nama Hiu Purba

Kamis, 07 Mar 2019 | 16.00 WIB

Game Jadul Ini Jadi Inspirasi Nama Hiu Purba

Game Galaga (Nintendo)


Centroone.com - Ahli paleontologi North Carolina State University menamai hiu prasejarah - Galagadon Nordquistae dari sebuah game retro ternama.  Nama tersebut menurut para ilmuwan diambil dari game arcade tahun 80-an Galaga.  Nama itu dipilih karena spesies yang baru ditemukan  giginya terlihat sedikit seperti pesawat ruang angkasa di  game klasik itu.  

Galagadon hidup bersama Tyranosaurus Rex  dan Triceratops sekitar 67 juta tahun yang lalu.  Hiu ini memiliki panjang sekitar 30-45 cm, dan giginya yang unik berukuran kurang dari satu milimeter.  

Dosen Universitas Negeri North Carolina Terry Gates dan sukarelawan Karen Nordquist (yang juga menginspirasi nama hiu itu) dengan cermat menyaring dua ton endapan yang tersisa setelah penemuan spesimen Tyranosaurus Rex di South Dakota. Mereka menemukan lebih dari dua lusin gigi Galagadon.

"Sungguh mengherankan saya bahwa kita dapat menemukan gigi hiu mikroskopis duduk tepat di samping tulang-tulang predator terbesar sepanjang masa," kata Gates, rekan penulis makalah tentang hiu yang diterbitkan minggu ini di Journal of Paleontology seperti dilansir dari BBC.

" Gigi-gigi ini seukuran sebutir pasir. Tanpa mikroskop, kamu hanya perlu membuangnya."  tambahnya lagi.  by