AIRUN Buka Rangkaian Dekan Cup 2019 FK Unair

Minggu, 03 Mar 2019 | 21.00 WIB

AIRUN Buka Rangkaian Dekan Cup 2019 FK Unair

Sejumlah awak panitian AIRUN Dekan Cup 2019 (Centroone)


Rangkaian Dekan Cup Fakultas Kedokteran Airlangga Surabaya kembali digelar. Untuk tahun 2019 ini, rangkaian Dekan Cup 2019 bakal diramaikan dengan Fun Run 6K pada Minggu (17/3/2019) mendatang dengan tajuk AIRUN (Aesculap Inspire to Run), dan mengusung tema “Drug Abuse: Alternating Euphoria”. 

Tema itu sendiri diusung bukan tanpa sebab, pada zaman ini, penyalahgunaan narkoba remaja lebih menjadi perhatian serius dari sebelumnya. Sekitar 450.000 orang meninggal akibat penggunaan narkoba pada tahun 2015, menurut WHO. Dari kematian itu, 167.750 secara langsung dikaitkan dengan gangguan penggunaan narkoba (terutama overdosis). Dalam AIRUN ini, pelari tidak hanya mengikuti kegiataan lari marathon, tetapi mereka diajak pula untuk mengetahui dampak dari penyalahgunaan narkoba di pos-pos yang sudah ditentukan nantinya. 

Di setiap pos akan menunjukkan para talent man atau seseorang yang memperagakan langkah-langkah keadaan seseorang jika terkena penyalahgunaan narkoba dan bagaimana kita menghindari kecanduan obat tersebut.   Akan ada total hadiah hampir 10 juta rupiah untuk para pemenang.  

Pendaftaran sendiri dipatok seharga Rp 150 ribu. AIRUN menempuh rute dengan starting point di Kampus A Universitas Airlangga, kemudian ke arah Kampus B Universitas Airlangga, Grand City Mall, Balai Kota Surabaya, dan finishing point kembali ke Kampus A Universitas Airlangga. 

Opening Dekan Cup 2019 sendiri mempunyai 3 acara utama yaitu; Fun run, showcase, dan pemeriksaan kesehatan gratis. Pemeriksaan kesehatan gratis dilakukan bagi peserta lari maupun masyarakat sekitar oleh sejumlah departemen dari Rumah Sakir Umum Daerah Dr. Soetomo dan Laboratorium Klinik Prodia.  Jenis-jenis pemeriksaan kesehatannya termasuk spirometri, rapid tes untuk gula darah, kolestrol, dan asam urat, dan pemeriksaan kesehatan lainnya.    Selain itu, terdapat Bazaar dengan berbagai kuliner terkini dalam food festival yang akan memuaskan lidah masyarakat. 

“Jadi pelari tidak perlu lagi membeli tiket masuk ke Bazaar, karena sudah termasuk biaya pendaftarannya, dan begitupun juga bagi para nonpelari. Tambahan, open gate AIRUN dimulai sejak pukul 05.30, sedangkan bagi para pengunjung Bazaar, Bazaarnya dibuka pukul 08.00” tambah Narendra, Kepala Sub Divisi Acara Opening by