Buka Peluang UMKM Lebih Berperan Dalam Pengadaan Barang-Jasa

Jumat, 29 Mar 2019 | 07.00 WIB

Buka Peluang UMKM Lebih Berperan Dalam Pengadaan Barang-Jasa

Andik Duana Putra, Chief Commercial Officer (CCO) Mbiz.co.id. (Centroone)



Centroone.com - Dari analisis pengadaan barang dan jasa yang dilakukan oleh Mbiz.co.id, pengadaan barang dan jasa perusahaan-perusahaan berskala enterprise saat ini didominasi oleh pengadaan produk-produk terkustomisasi dan penyediaan jasa pendukung aktivasi-aktivasi kampanye pemasaran perusahaan, sekira 80%. 

Hal tersebut merupakan peluang bagi kalangan UMKM untuk makin dapat terlibat sebagai vendor penyedia barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan besar tersebut. Selain menjadi solusi kendala aksesibilitas dan ketertinggalan teknologi yang selama ini menjadi tantangan bagi UMKM untuk kian mengembangkan bisnisnya dan go-digital sesuai harapan pemerintah yang tertuang pada kampanye besar ‘Making Indonesia 4.0," Lewat layanan Mbizmarket, Mbiz.co.id turut membantu UMKM – untuk lebih mengoptimalkan produktivitas bisnisnya. Tidak sekedar platform layanan tapi juga lewat edukasi dan workshop. 

“Pelaku usaha skala kecil dan menengah di seluruh wilayah Indonesia juga dapat memanfaatkan Mbizmarket untuk menjual produk dan jasanya dalam kuantitas yang besar, meskipun di Mbizmarket tidak ada batasan pemesanan minimum bagi perusahaan penyelenggara pengadaan barang dan jasa. Mbizmarket juga menyediakan solusi berupa pengantaran ke seluruh wilayah Indonesia. " Tutur Andik Duana Putra, Chief Commercial Officer (CCO) Mbiz.co.id. 

Melalui dukungan kemitraan dengan berbagai ragam jenis usaha vendor, UMKM dan perusahaan dapat bekerja sama dengan Mbiz.co.id maupun Mbizmarket dalam melakukan pengadaan berbagai barang maupun jasa - dari pengadaan produk-produk IT, perlengkapan kantor, jasa alihdaya SDM (seperti penyediaan tenaga keamanan, tenaga spesialis, customer service, SPG, hingga petugas kebersihan), jasa event organizer, jasa pemeliharaan gedung/kantor, rental kendaraan, layanan IT terkelola, jasa pemasangan iklan, pengadaan bahan-bahan kimia, hingga pengadaan barang dan jasa yang bersifat kustomisasi. 

" Kami berharap dengan pendekatan ini sinergi ekosistem pengadaan barang dan jasa di Indonesia akan makin menguat dan saling memberikan keuntungan dan manfaat. Bagi enterprise yang menjadi target utama kami, mereka dapat makin mudah memperoleh produk-produk kreatif terkustomisasi yang banyak diproduksi oleh kalangan UMKM,”  tambah Andik.  by