Lama Kosong, Wali Kota Akhirnya Tunjuk Plt Dirut PD Pasar Surya

Senin, 25 Mar 2019 | 22.56 WIB

Lama Kosong, Wali Kota Akhirnya Tunjuk Plt Dirut PD Pasar Surya

Direktur Teknik dan Usaha Muhibuddin yang juga sebagai Plt Dirut PD Pasar Surya (windhi/centroone)




Centroone.com - Sudah beberapa kali melakukan seleksi Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya, selalu gagal. Kini agar tak kosong, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) yang menunjuk Direktur Teknik dan Usaha Muhibuddin sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Dirut PD Pasar Surya, bernomor 188.45/64/436.1.2/2019, tertanggal 18 Maret 2019.

Hal ini disampaikan Ketua Badan Pengawas (Bawas) PD Pasar Surya Rusli Yusuf. “Iya, SK Bu Wali (wali kota, red) sudah kami terima pada Jumat (22/3/2019). SK-nya diantarkan Bagian Perekonomian ke kami,” katanya.

Menurut Rusli, SK itu pun sudah langsung diberikan kepada yang bersangkutan (Muhibuddin). Dia berharap dengan adanya SK Plt dirut ini, jajaran direksi segera bisa bekerja untuk mengelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). “Saya berharap manajemen PD Pasar Surya segera bisa melakukan pemulihan dengan cepat,” lanjutnya.

Sementara Kepala Bagian Perekonomian Khalid, membenarkan SK Plt sudah turun. Sementara ini, Direktur Teknik dan Usaha Muhibuddin rangkap jabatan sebagai Plt dirut. Dia menyatakan, dengan pengangkatan Plt dirut, diharapkan manajemen PD Pasar Surya segera melakukan pembenahan. “Harapan kami adalah bagaimana pelayanan pedagang harus semakin baik,” ungkapnya.

Dijabarkannya, dengan adanya Plt dirut, kelengkapan organisasi PD Pasar Surya telah terpenuhi. Artinya, tidak ada kekosongan jabatan direksi. Karena itu, direksi diminta segera melakukan upaya-upaya untuk menjalankan perusahaan secara maksimal.

“Hal-hal yang menyangkut kewajiban PD Pasar Surya kepada pedagang atau hak pedagang kepada PD Pasar Surya, dijalankan. Sehingga PD Pasar Surya posisinya dari sisi keuangan semakin membaik,” paparnya.

Dia menjelaskan, masa jabatan Plt dirut adalah tiga bulan. Dalam waktu tersebut, jika masa jabatan Plt telah berakhir, bisa dilakukan perpanjangan. Pilihan lainnya, masa jabatan akan berakhir setelah terpilihnya dirut definitif. (windhi/by)