Windows Defender Hadir di Chrome-Firefox Serta OS Mac

Sabtu, 23 Mar 2019 | 18.00 WIB

Windows Defender Hadir di Chrome-Firefox Serta OS Mac

ilustrasi Windows Defender (Microsoft)



Centroone.com - Windows Defender dan Microsoft Defender Advanced Threat Protection selama ini hadir  eksklusif di plaform Microsoft.  Belakangan layanan yang bertugas mengamankan PC dan juga browser dari ancaman virus dan malware itu dihadirkan Microsoft di platform lain. 

Dilansir dari Engadget, Apliksi Windows Defender kini bisa ditemui di toko Chrome dan Firefox untuk perlindungan PC yang lebih baik. Windows Defender untuk browser sebelumnya adalah aplikasi eksklusif dari browser Microsoft Edge. Dengan kehadiran Windows Defender, sebuah situs yang tidak terpercaya akan terbuka di panel karantina untuk mencegah ancaman masuk ke sistem perusahaan jika situs web tersebut ternyata berbahaya.

Ekstensi Windows Defender dapat diunduh dari toko Chrome dan Firefox, namun Windows Defender untuk Chrome dan Firefox tidak akan berfungsi tanpa bantuan dari Edge. Jika terdeteksi  URL tidak ada dalam daftar tepercaya, maka sistem Windows Defender  akan membuka situs itu dalam panel karantina Edge. Namun, situs apapun yang masuk karantina Edge tetap bisa dibuka di browser asli jika diyakini situs aman. 

Untuk menggunakan fitur ini, aplikasi pendamping Windows Defender dari Microsoft Store dan ekstensi khusus browser harus diinstal. Karena masih dalam mode pratinjau, hanya Insiders yang dapat mengaksesnya saat ini, meskipun pada akhirnya akan dirilis secara terbuka. 

Sementara itu Windows Defender, turut meluncur ke OS Mac - dari Apple lewat layanan Defender Advanced Threat Protection (ATP). Kehadiran dukungan untuk OS MAC juga membuat layanan ini berubah menjadi Microsoft Defender ATP. 

Kini, dengan hanya satu lisensi perangkat lunak Microsoft Defender ATP, kini semua komputer dalam satu jaringan apapun jenis sistem operasi yang digunakan, entah itu Windows ataupun Mac bisa terlindungi.  Selain itu kehadiran dukungan Microsoft Defender ATP juga bisa mencegah, pengguna Mac menularkan virus atau malware ke pengguna windows dalam satu jaringan. 

Sistem operasi yang didukung saat ini adalah macoS Mojave, High Sierra, dan Sierra.  by