Google Bangun Studio Khusus Game Stadia

Kamis, 21 Mar 2019 | 19.00 WIB

Google Bangun Studio Khusus Game Stadia

Logo Stadia (Stadia)



Centroone.com - Di event Game Developer Conference (GDC) 2019, Google akhirnya membenarkan kabar tersebut dengan memperkenalkan secara resmi Google Stadia.  

Google Stadia, merupakan platform cloud gaming dimana gamer memainkan game lewat streaming tanpa perlu konsol ataupun menginstal game di perangkat.  Dua game ,  Assassin Creed Odyssey dan Doom Eternal adalah dua game pertama dari pengembang luar yang bermitra dengan Google untuk platform Stadia. 

Tidak hanya pengembang dari luar, kedepan Google juga akan hadir dengan game mereka sendiri. Untuk mengembangkan game mereka sendiri, Google telah membuat studio pengembangan game bernama Stadia Game And Entertainment. Melalui studio ini, Google juga akan membagikan teknologinya dengan pengembang eksternal untuk membuat game mereka lebih mulus dan mendukung platform Stadia. 

Google Stadia sendiri dipimpin orang-orang yang punya nama besar di Industri game. Ada Phil Harrison sebagai Vice President and GM, Google Stadia. Bagi yang belum tahu, Phil yang pernah bergabung bersama Sony adalah salah satu anggota tim inti yang membidani sukses PlayStation.  Phil juga pernah memimpin Atari - salah satu legenda game meskipun akhirnya Atari harus tumbang. 

Selain Phil, Jade Raymond sebelumnya juga bergabung dengan Google sebagai VP. Nama Jade Raymond sudah dikenal sejak jaman PlayStation 1.   Jade juga turut  memimpin pembuatan game populer seperti The Sims Online di EA hingga Assassin's Creed dan sekuelnya di Ubisoft. Jade pernah kembali ke EA pada tahun 2015, di mana ia memimpin Motive Studios sampai Oktober 2018 lalu.  Jade sendiri tidak menyebutkan divisi mana yang ia pimpin sebagai VP di Google.  by