Berbekal Rp 1000 Triliun, Disney "Pulangkan" X-Men dan Fantastic Four

Kamis, 21 Mar 2019 | 18.00 WIB

Berbekal Rp 1000 Triliun, Disney



Centroone.com - Walt Disney menuju tahta raja hiburan dunia. Setelah hanya menjadi kabar burung selama setahun terakhir, Walt Disney akhirnya merampungkan proses akuisisi  21st Century Fox.  Akusisi itu rampung dengan Disney merogoh kocek cukup dalam , yakni USD 71 miliar (setara Rp 1 kuadriliun atau Rp 1.000 triliun!)

Dengan angka itu, Disney juga mendapatkan sejumlah anak usaha Fox seperti Twentieth Century Fox, Fox Searchlight Pictures, Fox 2000 Pictures, Fox Family dan Fox Animation; unit kreatif Fox TV, Twentieth Century Fox Television, FX Productions dan Fox21; FX Networks; National Geographic Partners; Fox Networks Group International; Star India; dan saham  Hulu Fox, Tata Sky dan Endemol Shine Group.

Uang yang dikeluarkan Disney, dilaporkan 35 persen lebih tinggi dari penawaran yang mereka ajukan sebelumnya dan USD6 miliar lebih besar dari Comcast Group, yang juga berniat membeli Fox. 

"Ini adalah momen yang luar biasa dan bersejarah bagi kami - yang akan menciptakan nilai jangka panjang yang signifikan bagi perusahaan kami dan pemegang saham kami," kata Robert A. Iger, Ketua dan Kepala Eksekutif, The Walt Disney Company dilansir dari situs resmi mereka.

‚Äč"Menggabungkan kekayaan Disney dan 21st Century Fox akan konten kreatif dan talenta yang telah terbukti menciptakan perusahaan hiburan global terkemuka, berada di posisi yang baik untuk memimpin di era yang sangat dinamis dan transformatif' tambahnya. 

Di sisi lain tidak hanya perkara nominal yang membuat kabar akuisisi ini heboh. Dengan resminya akuisisi ini, maka lisensi franchise X-Men dan Fantastic Four akan kembali ke Marvel (anak usaha Disney).  Disney sendiri bakal meluncurkan layanan streaming mereka Disney+. 

Sementara itu, sebagai ucapan selamat - Ryan Reynolds, yang dikenal sebagai Deadpool, berbagi foto mengenakan topi Mickey dan berada di bus dengan tulisan "Disney" di bus tersebut.  by