Ambisi Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Ruang Angkasa

Selasa, 19 Mar 2019 | 18.00 WIB

Ambisi Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Ruang Angkasa

ilustrasi (pixabay)



Centroone.com - Misi ruang angkasa China, Chang'e 4 berhasil mendarat di sisi gelap bulan pada bulan Januari lalu. Tidak berhenti di siti,  China terus menggenjot rencana eksplorasi ruang angkasa mereka.  Beberapa waktu lalu, pemerintah China  mengumumkan bahwa mereka berencana untuk membangun pembangkit listrik tenaga surya di luar angkasa. 

Menurut Science and Technology Daily yang didukung China, para ilmuwan Cina berencana untuk membangun dan meluncurkan pembangkit listrik kecil ke stratosfer antara tahun 2021 dan 2025, meningkatkan ke stasiun tingkat megawatt pada tahun 2030 dan fasilitas tingkat gigawatt tinggi di atas bumi sebelum 2050. 

Dilaporkan Engadget - tanpa gangguan atmosfer atau hilangnya sinar matahari di malam hari, pembangkit tenaga surya berbasis ruang ini dapat menyediakan sumber energi bersih yang tidak ada habisnya.  Akademi Teknologi Antariksa China mengklaim rencana tersebut sanggup memasok energi 99 persen dari waktu ke waktu, dengan intensitas enam kali lipat dari pembangkit listrik tenaga surya di bumi.  

China  berencana mengubah energi matahari menjadi listrik di ruang angkasa, sebelum mengirim energi ke Bumi menggunakan gelombang mikro atau laser dan digunakan melalui sistem penerima tanah.

Meski terdengar sangat menjanjikan, membangun pembangkit listrik memiliki tantangan besar karena harus dalam bentu yang besar yakni sekitar 1.000 ton.  Membawa bobot seberat itu ke orbit tentu memberikan kesulitan besar.  Oleh karena itu para peneliti sedang mempertimbangkan apakah stasiun dapat dibangun di ruang angkasa menggunakan robot dan pencetakan 3D. Efek radiasi gelombang mikro pada atmosfer juga perlu dipelajari.

Para ilmuwan sendiri telah lama berhipotesis bahwa mengumpulkan energi matahari dari ruang angkasa akan jauh lebih efektif. Saat ini kendaraan ruang angkasa China, Yutu 2 tengah  menjelajahi permukaan bulan.  by