Tanah Jalan Pemuda Sah Milik Pemkot, Maspion Wajib Serahkan Kembali

Jumat, 15 Mar 2019 | 19.05 WIB

Tanah Jalan Pemuda Sah Milik Pemkot, Maspion Wajib Serahkan Kembali

Balai Kota Surabaya (Centroone)


Centroone.com - Pemkot Surabaya menang gugatan terhadap PT Maspion atau aset di Jl Pemuda 17. Dalam sidang dengan putusan perkara nomor 834/Pdt.G/2018/PN.sby pihak tergugat (PT Maspion) harus mengembalikan aset itu ke pemerintah. 

Disampaikan Kepala Bagian Humas Surabaya M Fikser, berdasarkan data yang ada, memang pengadilan menyatakan eksepsi penggugat tidak dapat diterima. Namun dalam pokok perkara, hakim telah mengabulkan gugatan penggugat sebagian, menyatakan pemkot adalah pemilik tanah yang sah atas obyek sengketa, menyatakan tergugat melakukan Perbuatan Melawan Hukum, menghukum tergugat atau siapapun untuk mengosongkan tanah obyek sengketa selambat-lambatnya tujuh hari sejak putusan ini berkekuatan hukum tetap dan menghukum tergugat untuk membayar biaya perkara.

Dalam pokok perkara itu, pokok gugatan berkaitan dengan tidak diserahkannya tanah di Jl Pemuda 17 setelah berakhirnya masa perjanjian. Dalam pemeriksaan juga terbukti bahwa aset itu memiliki sertifikat dan masuk dalam Simbada, sehingga hal itu menjadi bukti bahwa tanah yang digunakan PT Maspion adalah aset Pemkot Surabaya. 

Informasinya, perjanjian penggunaan tanah itu selama 20 tahun. Bahkan tergugat sudah menjalankan kewajiban membayar uang pemasukan, sehingga sah menggunakan tanah tersebut. Sayangnya, tergugat tak melakukan pembangunan yang seharusnya dilakukan sejak 1999, saat PT Maspion telah mengantongi IMB. Pembangunan itu justru dilakukan pada 2016, saat permohonan perpanjangan HGB.

“Permohonan perpanjanhan HGB berdasarkan PP 40 tahun 1996 seharusnya selambat-lambatnya 2 tahun sebelum habisnya SHGB, sehingga disimpulkan pengajuan perpanjangan SHGB oleh Maspion terlambat. Pemkot pun telah menolak permohonan perpanjangan SHBG atas nama PT Maspion, sehingga PT Maspion wajib mengembalikan tanah kepada pemkot. Di pengadilan, pemkot berhasil membuktikan dalih-nya, sehingga gugatan pemkot dikabulkan,” jelas Fiser sesuai resume sidang. (windhi/by)