Terinspirasi Aksi Teroris Norwegia Anders Breivik

Jumat, 15 Mar 2019 | 18.00 WIB

Terinspirasi Aksi Teroris Norwegia Anders Breivik

sosok pelaku penembakan brutal masjid di New Zealand (ist)


Centroone.com - New Zealand digegerkan aksi penembakan brutal. Dua orang pelaku melepaskan tembakan ke arah jamaah Masjid Al Noor dan Masjid Linwood, Christchurch, New Zealand yang tengah melangsungkan ibadah sholat Jumat.  

Salah satu pelaku yang diketahui berkebangsaan Australia dan berusia 28 tahun, sempat mengunggah manifesto setebal 73 halaman berjudul 'The Great Replacement' di Twitter dengan nama akun Brenton Tarrant sebelum serangan.

Mengutip manifesto itu - seperti dilansir The Sun, alasan serangan itu adalah untuk mengurangi jumlah imigran asing di Eropa dan untuk membalas serangan di Stockholm, Swedia pada 2017 yang menewaskan seorang anak berusia 11 tahun.  

"Brenton Tarrant" juga  mengklaim bahwa ia telah merencanakan serangan dua tahun lalu dan memutuskan untuk menargetkan masjid di Christchurch, tiga bulan lalu serta terinspirasi dari aksi Anders Breivik.  Anders Breivik  - yang disebutnya sebagai "Ksatria" merupakan pelaku bom van dan penembakan brutal yang menewaskan lebih dari 70 orang di Oslo, Norwegia pada 2011. 

Peristiwa yang terjadi pada Jumat,  pukul 1 siang waktu setempat itu dilaporkan telah menewaskan 49 orang dan melukai puluhan lainya.    by