Menguak Alasan Wisatawan Tentukan Destinasi Liburan

Minggu, 03 Feb 2019 | 18.00 WIB

Menguak Alasan Wisatawan Tentukan Destinasi Liburan

ilustrasi wisata (bookingcom)


Centroone.com-Setiap orang punya selera traveling masing-masing. Ada yang lebih suka petualangan dan aktivitas pemacu adrenalin, ada juga yang memilih untuk santai dan istirahat.  Apa gaya traveling anda sama dengan stereotip gaya traveling di negara sendiri, atau justru berbeda? 

Selain motivasi, destinasi traveling juga bervariasi berdasarkan kewarganegaraan. Sebagian besar traveler global menentukan destinasi berdasarkan kategori seperti “keamanan pribadi” dan “kebersihan”, tapi ada banyak juga yang memprioritaskan “keindahan alam” atau “kuliner lezat”. 

Sementara traveler Indonesia saat menentukan destinasi tidak jauh berbeda. Para wisatawan lokal  memilih destinasi karena berdasarkan "Kebersihan," "Keindahan alam yang luar biasa,"  "Keamanan pribadi, " Kuliner setempat yang lezat" serta "Orang-orang lokal yang menarik dan ramah" 

Tentunya, perilaku traveling ini sangat dipengaruhi oleh kemudahan akses. Itulah mengapa banyak traveler India yang traveling ke Bhutan, banyak traveler Argentina yang berkunjung ke Paraguay dan banyak traveler Korea Selatan yang pergi ke Guam.

Hal yang sama juga terjadi pada  traveler dari Indonesia sendiri yang lebih memilih Indonesia (wisata lokal) , Singapura, Malaysia, Macau, Hongkong, Jepang, Cina sebagai destinasi favorit sepanjang 2018.  by