Operator Komunikasi Berharap Besar Pada Jaringan 5G

Kamis, 28 Feb 2019 | 16.00 WIB

Operator Komunikasi Berharap Besar Pada Jaringan 5G

ilustrasi (Nokia)


Nokia mengumumkan hasil dari Nokia 5G Maturity Index, dibuat bersama Analysys Mason, laporan ini memberikan cakupan pandangan terbaik untuk merencanakan dan menggelar layanan 5G.

Benchmark pertama tingkat maturitas operator 5G dalam industri mengungkapkan bahwa dua pertiga dari operator berharap 5G dapat menciptakan aliran pendapatan baru, sedangkan lebih dari 70% operator fokus pada 5G guna membantu meningkatkan layanan konsumen yang sudah ada. Penelitian ini juga menemukan bahwa para operator yang paling terdepan dalam transformasi 5G menempatkan fokus mereka pada enam hingga delapan use case. 

Temuan-temuan penting dari Nokia 5G Maturity Index antara lain adalah use case 5G yang paling populer yang diidentifikasi oleh operator meliputi: konektivitas seluler multi-gigabit, mobil yang terhubung dan mobil otonom, pengalaman internet taktil seperti augmented reality dan virtual reality, pemantauan layanan kesehatan kritis, aplikasi smart city seperti pencahayaan, dan layanan smart home. 

"Jelas bahwa dari Nokia 5G Maturity Index yang pertama ini bahwa operator memiliki ambisi besar untuk 5G. Banyak juga yang memahami bahwa dampaknya akan jauh lebih signifikan jika digunakan bersama dengan transformasi platform, guna mendukung beragam aliran pendapatan baru, "kata Caroline Gabriel, Principal Analyst, Analysys Mason.

Sementara itu sebagian besar operator merencanakan peluncuran komersial layanan 5G terbatas pada 2019-20. Para operator yang merencanakan peluncuran komersial 5G awal akan lebih berkembang dengan virtualisasi jaringan dan penggelaran berbasis cloud.

Para operator yang dinilai sebagai yang paling maju di 5G akan menyelaraskan teknologi dan pengembangan bisnis mereka, dan menghubungkan transformasi digital dengan 5G.

"Namun, sebagian besar mengakui mereka tidak yakin dengan tindakan yang harus mereka ambil untuk mencapai tujuan mereka. Kami percaya Nokia 5G Maturity akan memberikan dukungan yang besar untuk mengambil keputusan penting ini, sehingga memungkinkan mereka untuk pertama kalinya, merencanakan kemajuan 5G mereka sendiri merujuk  dari indeks yang dinilai secara objektif, dan belajar dari praktik terbaik orang lain. " tambah Caroline lagi.  by