Peringati Hari Sampah Nasional, Pantai Kenjeran Diserbu TNI/Polri

Kamis, 21 Feb 2019 | 22.00 WIB

Peringati Hari Sampah Nasional, Pantai Kenjeran Diserbu TNI/Polri

Aksi bersih sampah di pantai Kenjeran. (WIndhi/Centroone)



Centroone.com - Jajaran TNI, Polda Jatim dan masyarakat, Kamis (21/2/2019) memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Kegiatan yang berpusat di pantai Kenjeran Surabaya itu dilakukan dengan bersih-bersih sampah.

Disampaikan Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, permasalahan sampah merupakan hal yang sangat penting untuk disikapi bersama. “Masalah sampah ini menjadi tanggung jawab bagi setiap warga negara Indonesia untuk mengatasinya,” tegas Kapolda.

Menurutnya, setiap tahun jumlah sampah di Indonesia terus meningkat. Untuk itu pengelolaan sampah yang buruk dan kurangnya kesadaran dari masyarakat untuk membuang sampah di tempat yang telah disediakan jadi faktor utama peningkatan jumlah sampah.

“Dampaknya jika tidak segera diantisipasi akan berakibat buruk terhadap kelangsungan hidup manusia dan habitat yang ada di bumi ini. Sampah akan menjadi mesin pembunuh bagi kita semua, jika tidak segera diantisipasi. Maka dari itu pemerintah menetapkan Hari Peduli Sampah Nasional yang diperingati setiap tanggal 21 Februari ini,” jelasnya.

Peringatan HPSN juga bertujuan untuk memperingati tragedi longsornya sampah di TPU Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat pada 21 Februari 2005 yang menelan banyak korban jiwa. HPSN ini terus diperingati tiap tahun agar masyarakat memiliki kepedulian terhadap sampah di lingkungan sekitarnya.

Kapolda mengimbau kepada seluruh komponen masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian lingkungan, mulai dari lingkungan tempat tinggal. Hadir pada acara itu Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI R Wisnoe PB dan jajarannya. (windhi/by)