AHM Bakal Hadirkan Honda PCX Tenaga Listrik

Sabtu, 16 Feb 2019 | 14.00 WIB

AHM Bakal Hadirkan Honda PCX Tenaga Listrik

Honda PCX Tenaga Listrik (AHM)



Centroone.com - Menjawab tantangan transportasi listrik terutama sepeda motor,  PT Astra Honda Motor (AHM) beberapa waktu lalu memperkenalkan secara resmi Honda PCX Electric.  

Honda PCX Electric pertama kali dipamerkan di Indonesia bersamaan dengan gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS), awal November tahun lalu.  Kini AHM memproduksinya secara lokal di pabrik perakitan Sunter, Jakarta Utara.  “Di samping motor berbasis bahan bakar, kami ingin mewujudkan kendaraan listrik yang nyaman dan menyenangkan di masa depan. Honda PCX Electric adalah model pertama kami untuk melengkapi gaya hidup masa depan masyarakat Indonesia,” ujar Presiden Director AHM Toshiyuki Inuma dilansir dari situs resmi AHM. 

Honda PCX Electric dikembangkan dari Honda PCX yang populer dengan desain mewah dan bermesin ramah lingkungan. Tenaga dari mesin bakar diganti dengan sumber tenaga listrik yang dikembangkan lebih compact . Sepeda motor ini mempunyai sistem yang mampu menghadirkan torsi optimial sejak putaran bawah, mewujudkan performa tinggi dari awal dan kemampuan menanjak yang mumpuni.

Dua unit baterai lithium-ion masing-masing 50,4V  portabel yang disebut Honda Mobile Power Pack mampu menjalankan sepeda motor sekitar 69 km dalam sekali pengisian penuh (hasil pengujian dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam secara konstan).  Untuk kenyamanan berkendara, Honda Mobile Power Pack bisa diisi ulang menggunakan dua mekanisme, yakni off - board charging (mengganti dua baterai kosong dengan baterai yang sudah terisi/ swap system ), atau menggunakan konektor yang bisa disambungkan dengan listrik gedung atau perumahan ( on - board charging ). 

Untuk mengisi baterai kosong, dua Honda Mobile Power Pack dapat terisi penuh dalam pengisian selama 4 jam saat menggunakan pengisi daya opsional dengan metode off - board . Terdapat pula cara pengisian menggunakan sistem on - board (terkoneksi langsung dengan listrik) dengan masa pengisian 6 jam.

AHM menyiapkan skema bisnis tersendiri yang akan diimplementasikan secara bertahap atau gradual. Pada tahap awal, AHM menjalankan skema bisnis untuk Honda PCX Electric berupa penyewaan kepada perusahaan untuk mendukung operasional bisnis perusahaan di berbagai lini. AHM akan menggandeng pihak ketiga dalam melayani penyewaan dengan berbagai perusahaan.

Kegiatan penyewaan ini akan dimulai pada kuartal pertama 2019 di beberapa kota besar Indonesia.Tahap awal skema bisnis ini juga dapat menjadi landasan untuk melihat dan menyesuaikan dengan perkembangan kebutuhan masyarakat di masa mendatang. by