Ini Sosok Sensor Gambar Terkecil Dunia

Jumat, 06 Des 2019 | 20.00 WIB

Ini Sosok Sensor Gambar Terkecil Dunia

OmniVision OV6948 (Omnivision)



Centroone.com - Isocell Bright HMX buatan Samsung adalah pemegang rekor terbesar sensor terbesar dengan ukuran fisik 1/1,33-inci.  Lantas bagaimana dengan kamera terkecil di dunia? Catatan ini dimiliki oleh OmniVision OV6948 yang disebut hanya sebesar butiran pasir. 

OmniVision adalah pemegang baru Guinness World Record untuk sensor gambar terkecil yang tersedia secara komersial. Perangkat berukuran  0,575 x 0,575 x 0,232mm ini dikembangkan khusus untuk industri medis. Karena ukurannya yang kecil itu hanya dapat mengambil 0,04 Megapiksel. 

Ketika dipasangkan dengan lensa ultra-wide-angle 120 derajat, dapat digunakan dalam prosedur bedah yang rumit. 

"Teknologi ini menawarkan solusi yang kompak dan berkualitas tinggi untuk kabel panduan, kateter, dan endoskopi sekali pakai, yang sedang mengalami peningkatan permintaan karena kemampuan mereka untuk mengurangi risiko kontaminasi silang, inefisiensi downtime dan biaya yang terkait dengan perbaikan serta pengujian praprosedural dan sterilisasi endoskopi yang dapat digunakan kembali. " ujar direktur pemasaran OmniVision, Aaron Chiang seperti dilansir dari Engadget. 

Sensor ini juga merupakan satu-satunya kamera "chip on tip" ultra kecil dengan pencahayaan bagian belakang, yang memberikan kualitas gambar yang sangat baik dan kinerja cahaya rendah untuk membantu mengurangi panas LED,  serta meningkatkan sensitivitas. 

Keberadaan sensor ini tidak hanya meningkatkan keefektifan biaya untuk rumah sakit, tetapi ini juga merupakan kabar baik bagi pasien, kata Chiang, yang mencatat bahwa alat sekali pakai yang ringkas "dapat meningkatkan kenyamanan pasien dan mempersingkat waktu pemulihan." by 


...
0



There are 0 comments in this current article