Perhatikan Hal Ini Untuk Menu Makan Sehat Penderita Diabetes

Rabu, 04 Des 2019 | 16.00 WIB

Perhatikan Hal Ini Untuk Menu Makan Sehat Penderita Diabetes

ilustrasi (pixabay)



Centroone.com - Mengonsumsi menu makanan yang sehat dapat membantu penyandang diabetes dalam mengelola berat badan dan mengendalikan/mencegah faktor risiko komplikasi.  

Pada prinsipnya, pola makan untuk penyandang diabetes tidak berbeda dengan orang pada umumnya. Tapi sebenarnya berupa panduan pola makan dengan berbagai makanan bergizi dalam takaran porsi yang tepat dan mengikuti waktu makan yang rutin.

“Bukan berarti pola makan ketat yang mengurangi porsi makan. Diet untuk penyandang diabetes adalah tetap melakukan pola makan dengan gizi seimbang yang mengandung karbohidrat baik yang memiliki indeks glikemik rendah, tinggi serat, vitamin, dan mineral,” papar ujar Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, Sp.GK (K), Dokter Spesialis Gizi Klinik dari RSUPN Cipto Mangunkusumo. 

Adapun pola makan yang tepat untuk penyandang diabetes terdiri dari tiga prinsip atau 3 J, yaitu tepat jadwal, jumlah, jenis. 

Tepat jadwal yaitu penyandang diabetes dianjurkan untuk makan tiap 3 jam terdiri dari tiga kali makan utama (sarapan, makan siang, makan malam) dan dua sampai tiga kali makan selingan. 

Tepat jumlah yaitu kebutuhan kalori harian disesuaikan dengan berat badan, usia, jenis kelamin, dan aktivitas fisik. Tepat jenis yaitu memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, tinggi serat dan rendah lemak.

Sejak diluncurkan pada 1996, Diabetasol berperan sebagai total solusi nutrisi bagi penyandang diabetes untuk membantu mereka mengatur pola makan harian yang sehat. 

Diformulasikan khusus dengan nutrisi seimbang, Diabetasol dapat membantu memenuhi jenis nutrisi bagi penyandang diabetes setiap hari. Selain itu rendah Indeks Glikemik sehingga membantu kadar gula darah tetap stabil, memberikan ketersediaan energi lebih lama, dan memberi rasa kenyang lebih lama. 

Yang pasti, divonis diabetes bukan akhir kehidupan, penyandang diabetes masih bisa menjalani hidup seperti orang pada umumnya dengan mengatur pola hidup yang tepat. by