Bijak Pilih Nutrisi Untuk Antisipasi Diabetes

Rabu, 04 Des 2019 | 12.00 WIB

Bijak Pilih Nutrisi Untuk Antisipasi Diabetes

ilustrasi (pixabay)



Centroone.com - Diabetes seperti diketahui  adalah penyakit kronis yang dapat menyebabkan komplikasi masalah kesehatan yang serius. Maka bagi penyandang diabetes, diagnosis dan manajemen yang tepat menjadi titik awal untuk bisa tetap hidup sehat. 

“Mengontrol diabetes adalah sebuah komitmen harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan. Karena dengan melakukan kontrol yang teratur dan penanganan yang tepat, seseorang dapat terhindar dari risiko komplikasi akibat diabetes,” ujar Dr. dr. Fatimah Eliana, Sp.PD, KEMD, FINASIM, Konsultan Metabolik Endokrin.  

Ada beberapa cara untuk mengontrol diabetes, sehingga penyandang diabetes dapat hidup lebih baik dan berkualitas. Di antaranya, pengaturan pola makan, olahraga serta minum obat yang diperlukan sesuai petunjuk dokter. Terkait hal ini, salah satu yang sangat penting diperhatikan adalah merancang menu diabetes yang tepat. 

“Diabetes adalah silent killer dan induk dari segala penyakit degeneratif seperti stroke, hipertensi, jantung koroner dan disfungsi ereksi.  Kenapa diabetes disebut silent killer? Karena banyak orang tak menyadari dirinya menyandang diabetes,” papar Dr. dr. Fatimah. 

Sementara itu menurut Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, Sp.GK (K), Dokter Spesialis Gizi Klinik dari RSUPN Cipto Mangunkusumo, bagi penyandang diabetes, bijak dalam memilih nutrisi diabetes yang tepat adalah langkah awal dan penting untuk mengontrol gula darah agar tetap stabil.

Selain itu, mengonsumsi menu makanan yang sehat dapat membantu penyandang diabetes dalam mengelola berat badan dan mengendalikan/mencegah faktor risiko komplikasi, seperti penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi dan stroke.

Terkait makanan untuk diabetes, menurut Executive Chef, Chandra Yudasswara, ada banyak makanan alternatif yang bisa dikonsumsi penyandang diabetes. Salah satunya memanfaatkan Diabetasol, yang hadir untuk melengkapi pola makan diabetes dan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dengan kalori terukur. 

“Kita bisa membuat kreasi menu yang dikombinasikan dengan sejumlah produk Diabetasol, berupa brownies, smoothies dan beberapa resep lain yang ramah penyandang diabetes dan bahkan bisa dinikmati semua orang,” jelas Chef Chandra.  by