Dukung Tumbuh Kembang Ekonomi Digital Jatim Lewat 3 Hal Ini

Selasa, 03 Des 2019 | 20.00 WIB

Dukung Tumbuh Kembang Ekonomi Digital Jatim Lewat 3 Hal Ini

External Communications Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya bersama pemilik Rattancious, Erick Budiman Soetanto serta Senior Lead Regional Growth Expansion Tokopedia, Benny Harimansyah (Centroone)



Centroone.com - Di wilayah Jawa Timur, jumlah penjual Tokopedia mengalami peningkatan sebanyak 66 persen dari tahun 2018 hingga 2019. Tingkat penjualan dari Jawa Timur ke luar provinsi pun mencapai 32,42 persen.  

Mendukung tumbuh kembang ekonomi digital masyarakat Jawa TImur, Tokopedia telah menghadirkan sejumlah platform khusus selama beberapa tahun terakhir. 

" Di Jawa Timur, khususnya di Surabaya, Tokopedia menghadirkan beberapa inisiatif lokal seperti Tokopedia Center, Mitra Tokopedia, dan Tokopedia Corner.”  ujar External Communications Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya. 

Diluncurkan pada September 2018, Tokopedia Center merupakan experience center yang menghadirkan pengalaman berbelanja secara O2O sekaligus berperan sebagai pusat edukasi digital yang membantu para pegiat UMKM mengembangkan usaha mereka bersama Tokopedia.

“Diharapkan Tokopedia Center dapat membantu masyarakat, untuk meningkatkan daya saing bisnis di pasar nasional, mengingat para pegiat UMKM merupakan penyumbang lebih dari 60 persen terhadap perekonomian Indonesia,” ungkap Ekhel.

Sementara Mitra Tokopedia, yang kini telah berevolusi menjadi sebuah ekosistem untuk mempermudah pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya, dalam mengembangkan bisnis melalui pemanfaatan teknologi. 

“Lewat Mitra Tokopedia, kami berharap warung-warung di Indonesia bisa menjadi ‘warung super’ dan ikut berkontribusi terhadap ekonomi digital di Indonesia, khususnya kali ini di Surabaya, Jawa Timur,” terang Ekhel.

Sementara itu, Tokopedia Corner merupakan inisiatif lokal Tokopedia yang menghadirkan berbagai kegiatan edukasi bagi mahasiswa, dosen, dan karyawan aktif mengenai pemanfaatan teknologi dalam menciptakan peluang. 

Saat ini, sudah ada berbagai Tokopedia Corner di wilayah Surabaya, termasuk Universitas Ciputra Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).   by