Cegah Aplikasi Jahat, Google Perkuat Kemitraan Keamanan

Selasa, 03 Des 2019 | 14.00 WIB

Cegah Aplikasi Jahat, Google Perkuat Kemitraan Keamanan

App Defense Alliance (Google)



Centroone.com - Menjadi rumah dari jutaan aplikasi bagi pengguna smartphone Android, tidak membuat Play Store selalu aman dari malware dan adware.

Menjaga Play Store tetap aman, baik developer dan pengguna - Google  membentuk kemitraan dengan perusahaan keamanan ESET, Lookout dan Zimperium. 

Diberi nama App Defense Alliance,  Google mengintegrasikan sistem pemindaian dari setiap grup keamanan ke dalam sistem deteksi Play Protect yang memindai aplikasi untuk malware dan ancaman lainnya.

Perusahaan mitra juga akan menganalisis data tentang ancaman aplikasi agar mudah-mudahan mengambil aplikasi yang lebih berbahaya sebelum dipublikasikan.

Google mengatakan sistem akan menggunakan kombinasi pembelajaran mesin dan analisis statis dan dinamis untuk mendeteksi aplikasi yang mencurigakan.

Google juga menambahkan tujuan aliansi ini adalah untuk menghentikan aplikasi yang buruk di trek mereka sebelum mencapai perangkat pengguna.  

‚ÄúSebagai bagian dari Aliansi ini, kami mengintegrasikan sistem deteksi Google Play Protect kami dengan mesin pemindaian masing-masing mitra. Ini akan menghasilkan  risiko aplikasi baru karena aplikasi sedang antri untuk dipublikasikan. Mitra akan menganalisis set data itu dan bertindak sebagai set mata vital lain sebelum aplikasi ditayangkan di Play Store. "  ujar pihak Google dalam sebuah pernyatana blog mereka.  by