Bali United Juara, Persebaya Runner Up Liga 1 2019

Senin, 23 Des 2019 | 08.00 WIB

Bali United Juara, Persebaya Runner Up Liga 1 2019

Pesta Juara Bali United (Baliunitedcom)



Centroone.com - Perhelatan Liga 1 Indonesia musim 2019 resmi berakhir. Di laga terakhir, kekalahan yang dialami Bali United dari Madura United (0-2) tidak mengubah posisi jagoan asal Pulau Dewata tersebut sebagai juara.  Gelar juara sendiri dikunci Bali United sejak awal bulan Desember. 

Gelar juara ini menjadi gelar juara kedua Liga 1 bagi Bali United, setelah sebelumnya meraih gelar serupa pada tahun 2017. 

Sepanjang musim, Bali United melakoni 34 laga (19 kali menang, 7 kali seri dan 8 kali kalah) dengan poin terakhir 64. Menyusul sebagai runner up ada raksasa asal Surabaya, Persebaya Surabaya dengan poin 54. Di laga terakhir Persebaya menang 2-1 Perseru Badak Lampung FC untuk memastikan torehan catatan mereka menjadi 14 menang, 12 kali seri, dan 8 kali kalah. 

Menggenapi posisi tiga ada Persipura Jayapura dengan 53 poin, hasil dari 14 menang, 11 seri, dan 9 kalah.  Di laga terakhir Persipura meraih hasil imbang saat menjamu Borneo FC 2-2. 

Sementara itu, kekalahan dari Persebaya memaksa Perseru Badak Lampung FC harus puas di posisi 16, dan menemani Semen Padang serta Kalteng Putra tergeser ke Liga 2.  Posisi ketiganya bakal digantikan Persik Kediri, Persita Tangerang, dan Persiraja Banda Aceh yang promosi dari Liga 2. 

Juara musim lalu, Persija Jakarta hanya mampu finish di tempat ke 10. Namun sang striker Mario Simic merebut gelar top skor dengan total 28 gol dalam semusim.

Pemain asal Kroasia itu meninggalkan dua pesaing terdekatnya yakni striker Madura United, Beto Goncalves (18gol) dan striker Persela Lamongan, Alex dos Santos (17 gol). 

Gelar pemain terbaik Liga 1 2019 disematkan pada  Renan Silva (Borneo FC), Pelatih Terbaik jadi milik pelatih juara,  Stefano Cugurra Teco (Bali United). Todd Rivaldo Ferre (Persipura Jayapura) terpilih jadi pemain muda terbaik, sedangkan  Gol Terbaik disematkan pada  gol David da Silva  (Persebaya Surabaya) saat Bajul Ijo - julukan Persebaya melawan  Arema FC.  bbs