Bahas Tantangan Terkini Pendidikan Global dan Nasional

Jumat, 13 Des 2019 | 15.00 WIB

Bahas Tantangan Terkini Pendidikan Global dan Nasional

Tristian Stobie, Director of Education, Cambridge International, menyampaikan kata sambutan pada Cambridge Schools Conference (istimewa)



Centroone.com - Tahun ini, Indonesia terpilih sebagai tuan rumah konferensi pendidikan gelaran Cambridge Assessment International Education (Cambridge International),Cambridge Schools Conference 2019.  

Mengangkat tema “Mengevaluasi dampak: seberapa efektif praktik di sekolah dan ruang kelas kita?”, konferensi internasional ini digelar selama dua hari, pada 9 dan 10 Desember 2019 di Bali lalu dengan diikuti 400 pemimpin dan ahli sektor pendidikan dari seluruh dunia. 

“Di sini, kami memiliki fokus yang kuat pada masa depan: apa artinya bagi pelajar dan guru dari seluruh dunia, dan bagaimana Cambridge International dapat mendukung mereka. Saya rasa kualitas diskusi dan wawasan dalam konferensi ini mencerminkan dukungan kuat yang tersedia secara khusus di sekolah-sekolah Cambridge.” ujar Ben Schmidt, Regional Director Southeast Asia & Pacific, Cambridge Assessment International Education.

Event ini juga menanggapi tantangan-tantangan terkini yang dihadapi oleh sektor pendidikan di Indonesia, seperti penguatan kapasitas dan pengembangan profesional guru, dan mendorong pembelajaran inovatif.
 
“Visi baru pemerintah Indonesia untuk masa depan pendidikan sejalan dengan tema-tema yang diusung Cambridge Schools Conference. Konferensi ini mendorong pemikiran kritis dan keterlibatan sosial antara para pengajar dari Indonesia dan dari seluruh dunia, dengan tujuan menemukan cara-cara yang inovatif untuk meningkatkan praktik mengajar kami,” ujar Dianindah Apriyani, Senior Country Manager Indonesia, Cambridge Assessment International Education.

Ada pula sesi pelajar dalam konferensi menampilkan enam murid dari tiga sekolah di Bali yaitu Dyatmika School, Taman Rama Intercultural School, dan Sekolah Lentera Kasih Bali, yang membagikan pengalaman mereka dan bagaimana pendidikan Cambridge International mendukung mereka dalam mengembangkan semangat belajar.

“Kami menelusuri ide-ide baru dalam ranah pendidikan, termasuk di dalamnya mendorong budaya riset di sekolah-sekolah, mempromosikan pembelajaran mandiri, menguatkan evaluasi guru, memadukan teknologi digital dalam pembelajaran dalam kelas, dan menyiapkan pelajar-pelajar kami untuk menempuh pendidikan di universitas luar negeri.”  tambah Dianindah.  by