Antisipasi Banjir, Dewan Ingatkan Repitalisasi Kali Lamong

Kamis, 14 Nov 2019 | 06.00 WIB

Antisipasi Banjir, Dewan Ingatkan Repitalisasi Kali Lamong

Ketua Komisi C Baktiono (Windhi/Centroone)



Centroone.com - Surabaya saat ini sudah masuk musim hujan. Sangat dikhawatirkan jika masih ada kawasan yang terdapat genangan air, karena perbaikan saluran sudah dilakukan Pemkot Surabaya.

Namun sebagai antisipasi, Komisi C DPRD Kota Surabaya mengingatkan pemkot untuk mengantisipasi genangan air. Salah satunya revitalisasi tanggul Kali Lamong yang jebol di wilayah Surabaya Barat, tepatnya di Kelurahan Sumberejo, Kecamatan Pakal beberapa waktu lalu.

Disampaikan Ketua Komisi C Baktiono, revitalisasi tanggul Kali Lamong sebenarnya urusannya Pemprov Jatim. Namun, karena tanggul Kali Lamongan juga masuk wilayah Surabaya, maka Pemkot Surabaya harus membenahi tanggul-tanggul Kali Lamong yang jebol.

"Kami hanya mengingatkan Pemkot Surabaya soal antisipasi banjir, dengan memperbaiki segera tanggul Kali Lamong yang jebol," kata Baktiono, Rabu (13/11/2019).

Dia menjelaskan, soal revitalisasi Kali Lamong, Pemkot Surabaya sebenarnya sudah melakukan beberapa kali revitalisasi Kali Lamong. Namun Pemkot Surabaya tidak semuanya mencurahkan anggaran untuk persoalan tanggul Kali Lamong.

Baktiono mengakui, selama ini soal revitalisasi tanggul Kali Lamong kontribusi Pemprov Jatim sangat kecil, dibanding yang dikerjakan oleh Pemkot Surabaya.

Misalnya, ujar Baktiono, Pemkot Surabaya menggelontorkan dana Rp100 miliar untuk revitalisasi tanggul Kali Lamong, sementara Pemprov Jatim paling hanya satu persen atau cuma Rp1 miliar. "Disparitasnya sangat jauh sekali, dan faktanya Pemkot Surabaya lebih banyak melakulan revitalisasi tanggul Kali Lamong," ungkapnya. (windhi/by)