Pastikan Sistem IoT Lancar, Protokol Keamanan Turut Jadi Fokus

Sabtu, 19 Okt 2019 | 20.00 WIB

Pastikan Sistem IoT Lancar, Protokol Keamanan Turut Jadi Fokus

ilustrasi (zebratechnologies)


Centroone.com - Dengan keamanan sebagai prioritas utama, perusahaan menempatkan lebih banyak sumber daya untuk pemantauan sistem data berkelanjutan serta menyesuaikan skala solusi IoT (internet of things) di seluruh perusahaan

Dalam studi tahunan “Intelligent Enterprise Index” ketiga dari Zebra Technologies Corporation, Sebanyak 62 persen perusahaan kini terus memantau keamanan IoT mereka untuk memastikan integritas sistem dan privasi data. Angka ini merupakan kenaikan 4 persen poin dari tahun ke tahun dan peningkatan 13 persen poin dari tahun 2017. 

Di tahun 2017, hanya 49 persen perusahaan yang memiliki protokol pemantauan keamanan konstan, di mana 47 persen responden secara berkala memonitor sistem mereka. Hingga 70 persen perusahaan Asia Pasifik terus memantau keamanan IoT mereka untuk memastikan integritas sistem dan privasi mereka tidak terganggu.

Perusahaan beralih ke ekosistem solusi “cerdas” mitra tunggal. Hampir setengah (49 persen) responden studi menunjukkan bahwa mereka kini bergantung pada satu mitra strategis tunggal untuk mengelola seluruh solusi “cerdas” mereka, termasuk komponen dan layanan yang disediakan oleh pihak ketiga.

" Sebagai platform terobosan data intelijen yang menggabungkan konektivitas titik akhir IoT, manajemen konfigurasi, transportasi data, penyimpanan data, analisis, dan pembelajaran mesin ke dalam satu platform, Savana dari Zebra mengubah data mentah menjadi wawasan yang dapat ditindaklanjuti bagi perusahaan guna menghadirkan tingkat layanan, produktivitas, dan profitabilitas baru,” tutur Ben Marvin Tan, Country Manager Indonesia, Zebra Technologies Asia Pasifik.

Penerapan solusi berbasis intelijen telah meluas cukup signifikan. Sebanyak 46 persen responden studi tengah menerapkan solusi IoT mereka di tingkat perusahaan, yang meningkat dari 38 persen pada tahun 2018. Sebanyak 32 persen lainnya berharap untuk segera bergerak menuju penyebaran ke wilayah regional.

Platform Savanna dari Zebra sendiri terdiri dari komponen konektivitas titik akhir IoT, manajemen konfigurasi, transportasi data, penyimpanan data, analitik, dan pembelajaran mesin. 

Dengan konektivitas perangkat yang disempurnakan dan aman, Savanna memberi perusahaan kemampuan untuk mendapatkan wawasan demi keunggulan operasional mereka, dan memastikan data yang tepat tersedia untuk orang yang tepat pada waktu yang tepat sehingga memberi mereka kemampuan dan kecerdasan berbasis informasi untuk membuat keputusan terbaik. by