Kesehatan-Ritel Pimpin Pertumbuhan Perusahaan Cerdas

Sabtu, 19 Okt 2019 | 17.00 WIB

Kesehatan-Ritel Pimpin Pertumbuhan Perusahaan Cerdas

ilustrasi (pixabay)



Centroone Laju adopsi Internet of Things (IoT) semakin kencang, yang mengarah ke tingkat kecerdasan yang semakin besar.  Dalam studi tahunan “Intelligent Enterprise Index” ketiga dari Zebra Technologies Corporation, memperlihatkan persentase yang melampaui rekor, yaitu sebesar 61 persen, dari jumlah perusahaan enterprise di seluruh dunia yang tengah berkembang menjadi perusahaan “cerdas,” dibandingkan dengan hanya 49 persen pada tahun 2018.

Skor Indeks “Intelligent Enterprise” dihitung menggunakan 11 kriteria yang mencakup visi Internet of Things (IoT), adopsi, manajemen data, analisis cerdas, dan banyak lagi.Berdasarkan kriteria-kriteria tersebut dan didorong oleh tekanan yang luar biasa untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, perusahaan-perusahaan ritel telah meraih momentum paling besar dalam 12 bulan terakhir, di mana peringkat mereka meningkat dari bawah Indeks vertikal 2018 ke hampir peringkat teratas Indeks 2019, dan menempati peringkat kedua setelah industri Kesehatan.

“Dengan adopsi mobilitas dan IoT yang berkelanjutan, keunggulan operasional perusahaan menjadi semakin terhubung. Tingkat konektivitas yang belum pernah terjadi sebelumnya dan terus berkembang ini menghasilkan sejumlah besar data yang dapat ditindaklanjuti terkait proses dan aset yang dapat dimanfaatkan untuk mentransformasi alur kerja guna meningkatkan kinerja dan hasil bisnis. " tukas Ben Marvin Tan, Country Manager Indonesia, Zebra Technologies Asia Pasifik.

Sementara - UKM (usaha kecil menengah) yang disurvei meraih skor lebih tinggi pada Indeks tahun ini dibandingkan perusahaan besar (64,5 poin vs 61,5 poin). Skor yang lebih tinggi ini didasarkan pada temuan seperti responden UKM yang menunjukkan perusahaan mereka lebih cenderung memiliki visi IoT dan melaksanakan rencana tersebut (69 persen vs 62 persen).

Skor kumulatif Intelligent Enterprise Index terus bertumbuh karena semakin banyak perusahaan beralih dari fase eksplorasi ke tahap penerapan perjalanan mereka, di mana skor tahun 2019 berada di posisi 61,5 poin. Angka ini mewakili peningkatan hampir 6 poin dari tahun 2018, yang sebagian besar didorong oleh peningkatan “kecerdasan” dari perusahaan-perusahaan ritel dan transportasi & logistik (T&L). 

Angka itu merupakan kenaikan 9 poin dari tahun 2017, tahun pertama Indeks dilaksanakan. Lebih lanjut, 74 persen perusahaan di Asia Pasifik memiliki visi IoT dengan rencana untuk melaksanakannya, 55 persen di antaranya telah menerapkannya, sementara hingga 43 persen berencana untuk mengimplementasikannya dalam 1-3 tahun ke depan. by