Fokus Pengaman Dan Pemanfaatan Aset

Kamis, 31 Jan 2019 | 13.35 WIB

Fokus Pengaman Dan Pemanfaatan Aset

Ery Cahyadi saat membeberkan fokus program Surabaya. (Windhi/Centroone)


Centroone.com - Fokus pembangunan Kota Surabaya untuk 2019 adalah penyelamatan asetnya. Bahkan aset yang 'nganggur' akan dikerjasamakan. Tujuannya agar aset itu terus aman dan selamat.

Disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Ery Cahyadi, bahwa pemanfaatan aset yang terbengkalai akan dikerjasamakan dengan pihak ketiga. Bahkan aset yang ada di kawasan pemukiman, akan dijadikan taman atau fasilitas warga lainnya.

Menurut dia, dengan anggaran 2019 yang mencapai Rp9 triliun lebih yang berasal dari sumbangan PAD, akan dimanfaatkan untuk pengamanan aset tersebut. "Kita akan minta ke perumahan yang belum menyerahkan fasilitas umum dan fasilitas sosialnya untuk dikelola Pemkot Surabaya," ujar Ery Cahyadi.

Lahan-lahan milik Pemkot Surabaya yang sebelumnya digunakan warga untuk pemukiman juga sudah banyak yang dibebaskan. "Keperluan warga di tempat yang ada asetnya apa saja? Kita data dan akan kita manfaatkan untuk warga. Intinya, jangan sampai aset-aset itu hilang," tandasnya.

Jika sudah diamankan, maka aset-aset itu akan disertifikasi agar legal menjadi milik Pemkot Surabaya. Pemkot Surabaya juga bekerja sama dengan instansi terkait untuk pengamanan aset-aset tersebut. (windhi/by)