Mengungkap Potensi Besar Stem Cell Dalam Pencegahan Penyakit

Senin, 28 Jan 2019 | 06.00 WIB

Mengungkap Potensi Besar Stem Cell Dalam Pencegahan Penyakit

Prof. Delvac Oceandy, MD., PhD saat berdiskusi bersama peserta (Centroone)


Centroone.com - Di hari kedua, Minggu (27/01/2019) diskusi dan workshop bertajuk “International Conference and Workshop on Stem Cell and Tissue Engineering Regenerative Medicine From Basic Science to Clinical Application,”(ICW 2019) peserta diajak  brainstorming untuk menganalisa lebih lanjut penelitian tentang stem cell ini.

Dalam acara gelaran Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) , bersama IDI (Ikatan Dokter Indonesia) serta RS Dr Soetomo ini,  dibahas sejumlah manfaat dan solusi masalah medis yang bisa terbantu dengan pengembangan stem cell. 

Prof. Dr.Cita Rosita Sigit Prakoeswo dr.,Sp.KK (K), FINSDV yang menyajikan paparan “The Role of Amniotic Membrane Stem Cell-Metabolic Product in Dermatology” memberikan penjelasan tentang bagaimana produk metabolik stem cell dipakai dalam anti penuaan dan penyembuhan luka.  " Stem cell merupakan sebuah opsi untuk peremajaan kulit, namun sekarang mulai beralih ke produk metabolik yaitu Amniotic Membrane Stem Cell. Dengan menggunakan teknik microneedling, menunjukan hasil yang signifikan pada kerutan wajah, UV spot, Polar Spot, dan pori-pori" tukasnya. 

Sementara itu, dr. Yunus, Sp.OT,  mengusung paparan “Case of Stem Cell in Osteoarthritis”.  Kasus ini telah banyak di masyarakat dan membutuhkan penyembuhan yang signifikan. Stem cell adalah salah satu terobosan yang sangat efektif untuk osteoarthritis. " Akan tetapi penyembuhan ini juga masih dalam tahap penelitian. Ada beberapa cara untuk transplant stem cell untuk penyembuhan osteoarthritis ini tetapi skali lagi ini masih tahap penelitian. Pemberian stem cell untuk osteoarthritis tetap harus dikombinasikan dengan terapi yang lain untuk bisa menghasilkan penyembuhan yang sempurna. " jelasnya. 

 Selain kedua peneliti di atas, Sejumlah pakar dan peneliti yang fokus pada stem cell turut memaparkan temua atau penelitian mereka.  Dua pembicara internasional,  Prof. Delvac Oceandy, MD., PhD yang mengusung “Practical Points in Cell Reprogramming and Differentiation” dan Prof. Ludovic Vallier MD., PhD.  yang memaparkan “Practical Points in Human Embryonic Stem Cell”  memberikan pemahamn tentang pengaplikasian stem cell di dunia kesehatan serta bagaimana proses diferensiasi stem cell tersebut. by