Kondisi Pemuda Jual Ginjal Demi iPhone Kini Memprihatinkan

Kamis, 24 Jan 2019 | 19.00 WIB

Kondisi Pemuda Jual Ginjal Demi iPhone Kini Memprihatinkan

ilustrasi iPhone (Pixabay)


Centroone.com - Di tahun 2011 lalu, seorang pemuda membuat heboh China ketika memutuskan untuk menjual salah satu ginjal di pasar gelap, demi untuk membeli iPhone dan iPad. Pemuda itu, yang hanya dikenali sebagai Wang kini dalam kondisi memprihatinkan. 

Wang kini hanya berbaring di tempat tidur dan mengandalkan keluarganya, demikian dilaporkan Yahoo News Taiwan. Dia terpaksa meninggalkan studinya dan hidup dengan alat bantuan. Ia juga dikatakan menderita gagal ginjal dan perlu cuci darah.

Pria berusia 25 tahun itu mengangkat ginjalnya di klinik pasar gelap sebelum menjualnya dengan harga 22.000 yuan pada 2011. Dia saat itu berusia 17 tahun. Saat itu, Wang ingin membeli iPhone dan iPad untuk membuktikan kepada teman sekelasnya bahwa ia seorang yang modis. 

Untuk menyelesaikan transaksi, Wang melakukan perjalanan dari kota asalnya di provinsi Anhui ke timur, salah satu daerah termiskin di Cina ke selatan, di provinsi Hunan pada April 2011. Dia merencanakan perjalanannya secara rahasia dan tanpa sepengetahuan orang tuanya.   Ginjal  Wang kemudian dijual kepada pasien oleh perantara secara ilegal dan pasien membayar 150.000 yuan untuk organ tersebut. 

Remaja itu mendapat 10 persen dari total laba, sementara bidan mengambil sebagian besar uang itu. Bocah itu segera membeli iPhone 4 dan iPad 2 dengan uang sebelum kembali ke provinsi Anhui.   Setelah ulah Wang diketahui orang tuanya, kasus itu pun dilaporkan polisi. 

Pada April 2012, sembilan orang yang terlibat dalam kasus ini termasuk tiga bidan dan dua dokter diamankan. Ketiga orang itu dipenjara selama tiga hingga lima tahun dan dua dokter dipenjara selama tiga tahun. Keluarga Wang mendapat kompensasi 1,47 juta yuan setelah pengadilan memutuskan pada November 2012.    by