Sekolah Ini Wajibkan Seragam Pintar, Dilengkapi Alarm Plus GPS

Rabu, 23 Jan 2019 | 16.00 WIB

Sekolah Ini Wajibkan Seragam Pintar, Dilengkapi Alarm Plus GPS

ilustrasi (pixabay)



Centroone.com - Aplikasi teknologi wearable device atau teknologi pintar di China semakin hari semakin meluas, ke semua sektor kehidupan masyarakat. Untuk masalah sekolah misalnya, yang terbaru dilaporkan - 10 sekolah di Provinsi Guizhou, barat daya China dan Daerah Otonomi Guangxi Zhuang mewajibkan siswa mereka mengenakan seragam pintar. 

"Seragam pintar" dari Guanyu Technology dikembangkan untuk meningkatkan kehadiran dan keselamatan siswa. Setiap seragam memiliki dua chip yang mampu memperlihatkan kapan seorang siswa memasuki atau keluar dari halaman sekolah, dan secara otomatis mengirimkan data itu kepada orang tua dan guru.  Demikian dilaporkan Gizmochina. 

Tidak hanya itu, seragam itu bisa memicu alarm berbunyi ketika pemakainya keluar dari halaman sekolah tanpa ijin. Hal itu tentu saja efektif untuk mencegah seorang siswa membolos. 

Menariknya, setiap pakaian juga terdaftar dengan wajah siswa - yang juga akan digunakan bersama dalam sistem sekolah untuk mencegah siswa yang berbeda menggunakan seragam pintar. 

Seragam pintar ini dikatakan aman untuk dicuci sebanyak 500 kali, dan telah digunakan sejak 2016 pada tahap pengujian. Menurut data yang dikumpulkan, berkat seragam ini tingkat kehadiran siswa ke sekolah meningkat.   by