Seret MediaTek ke Pengadilan, Terkait Pelanggaran Paten

Senin, 21 Jan 2019 | 06.36 WIB

Seret MediaTek ke Pengadilan, Terkait Pelanggaran Paten

logo AMD (AMD)



Centroone.com - Satu lagi perang hukum antara dua raksasa komputasi terjadi. Belum usai perang Qualcomm vs Apple, kali ini yang terlibat gugatan hukum adalah dua pabrikan prosessor terkemuka AMD dan MediaTek. 

Tech Spot melaporkan - AMD melayangkan gugatan terhadap MediaTek dengan tuduhan pelanggaran paten teknologi accelareted processor unit (APU) dan grafis (GPU). Teknologi yang dilanggar diduga kuat dipakai MediaTek di sejumlah TV serta perangkat pintar lainnya. 


Sebenarnya ini bukan kali pertama AMD menggugat perusahaan lain terkait pelanggaran paten yang jadi masalah.  Selain MediaTek, AMD  juga menggugat perusahaan seperti Samsung, Global Foundries dan LG karena melanggar paten yang sama. Namun, sebagian besar dari kasus ini dibatalkan atau diselesaikan di luar pengadilan oleh pihak-pihak terkait.

Muncul gugatan ini diduga kuat karena AMD-MediaTek tidak menemukan titik terang dalam penyelesaian di luar pengadilan, dan terpaksa menempuh gugatan untuk ganti rugi dan kompensasi. 

Di CES 2019 lalu, AMD memperkenalkan prosessor terbaru mereka yakni AMD Ryzen generasi ketiga dan juga kartu grafis AMD Radeon VII. by