2019, Pemprov Jatim Berlakukan SPP Gratis

Minggu, 20 Jan 2019 | 23.00 WIB

2019, Pemprov Jatim Berlakukan SPP Gratis

Hartoyo (Windhi/Centroone)



Centroone.com - Komisi E DPRD Jatim berharap bantuan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) yang diberikan Pemprov kepada sekolah swasta di Jatim bisa mengurangi kecemburuan sosial kepada sekolah negeri. Pasalnya, pada tahun 2019 ini Pemprov Jatim juga akan memberlakukan kebijakan SPP gratis bagi SMA/SMK di Jatim.

"Kalau masalah itu sudah tinggal dipersiapkan saja. Pelaksanaanya kan bersamaan dengan SMA dan SMK gratis. Jadi tidak hanya bantuan dari sekolah negeri, tetapi juga bantuan kepada sekolah swasta," tegas Ketua Komisi E DPRD Jatim Hartoyo.

Dia menjelaskan, kebijakan bantuan itu sudah ditandatangani Gubernur Jatim melalui Surat Edaran Gubernur tahun 2019. Nantinya, sekolah swasta akan mendapatkan biaya SPP Rp150 ribu per siswa.

Saat ini, kata Hartoyo, Pemprov Jatim sedang melakukan pendataan, untuk memastikan jumlah SMA dan SMK swasta yang perlu mendapatkan bantuan SPP. "Swasta berdasarkan SE Gubernur memang bisa bertambah dan berkurang. Tapi nilainya memang Rp150 ribu,"ujar Hartoyo.

Ditambahkan Hartoyo, selain SPP gratis, pihaknya juga meminta agar pemberian bantuan seragam kepada sekolah negeri segera dipercepat. Diharapkan, ketika nanti memasuki tahun ajaran baru, siswa baru bisa langsung menerima bantuan dan menggunakannya. 

"Saya mengintruksikan agar lelang dipercepat. Jadi sebelum tahun ajaran baru sudah bisa dipakai oleh siswa. Sehingga wali murid tidak membeli untuk anaknya," tegas Hartoyo. (windhi/by)