Mahasiswa UM Surabaya Bagikan Lavender Untuk Cegah DB

Kamis, 17 Jan 2019 | 22.00 WIB

Mahasiswa UM Surabaya Bagikan Lavender Untuk Cegah DB

Camat Rungkut Syafiq menerima tanaman Lavender untuk dibagikan kepada warga. (Windhi/Centroone)



Centroone.com - Melalui program Sahabat Keluarga (Saga), mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Universitas Muhammadiyah Surabaya membagikan ratusan tanaman Lavender di Kecamatan Rungkut. Penyerahan ratusan tanaman Lavender itu di lakukan secara simbolis oleh Dekan Fakultas IKM kepada Camat Rungkut.

Dekan F IKM UM Surabaya Mundzakir mengatakan, tingkat prevelensi penderita demam berdarah (DB) di kawasan Rungkut cukup tinggi disaat musim penghujan. Wabah DB masih menjadi persoalan di Kecamatan Rungkut. Apalagi ini musim penghujan, tentu harus mewaspadai penyebaran DB ini.

"Jumlah penderita demam berdarah meningkat dibandingkan tahun lalu, ini seiring perubahan cuaca" ujar Mundzakir.

Karenanya dengan kondisi ini, mahasiswa berupaya mengantisipasi dengan memberikan edukasi ke masyatakat. Mundzakir kembali menambahkan, tanaman Lavender yang dibagikan, ditanam di depan rumah masing-masing warga untuk mengusir nyamuk aedes aegypti.

Sementara Camat Rungkut M Syafiq mengakui, kalau wilayahnya kerap menjadi kantong wabah DB saat musim penghujan. "Didaerah ini memang banyak tanah kosong dan rawa, kita sudah berkomunikasi dengan pengurus RT/RW supaya pemilik tanah kosong membersihkan areanya" ujar Camar Rungkut.

Syafiq menambahkan, kalau pihaknya kerap kali melakukan sosialisasi kepada warga bagaimana cara mencegah wabah DB ini. "Kita berterimakasih atas program Saga UM Surabaya yang turut terlibat dalam sosialisasi," pungkasnya.

Selain membagikan tanaman Lavender, dalam acara itu dikenalkan inovasi mahasiswa UM Surabaya dalam mengolah ramuan anti nyamuk. Yaitu Nabati (Natural Body Lotion) dan Napyti (Natural Sleepy Body Lotion). Karya inovasi itu dipamerkan saat acara di kantor Kelurahan Rungkut. (windhi/by)