Hampir Separuh Gen-Z di 3 Negara Ini Belum Pernah ke Luar Negeri

Senin, 30 Sep 2019 | 20.00 WIB

Hampir Separuh Gen-Z di 3 Negara Ini Belum Pernah ke Luar Negeri

ilustrasi (pixabay)


Centroone.com - Berdasarkan “Well Traveled Survey”yang dilakukan Agoda - secara global, 27% orang usia 18-24 tahun tidak pernah pergi ke luar negeri, dengan Cina, Vietnam, dan Indonesia menempati urutan teratas dengan persentase 49%, 45%, dan 37% secara berurutan.  

Namun, dalam kelompok usia 25-34 tahun, di mana rata-rata global yang tidak pernah pergi ke luar negeri sebesar 19%, Vietnam didorong keluar dari posisi tiga terbawah oleh Amerika Serikat.  

Sedangkan 86% orang berusia 45-54 tahun pernah ke luar negeri, dan 81% orang berusia 25-34 tahun pernah mengunjungi negara lain.

“Kendati Gen Z dan milenial belum terlalu banyak memiliki kesempatan untuk bepergian ke luar negeri seperti kelompok usia lain, jarak antara mereka yang belum pernah berwisata ke luar negeri menyempit dengan cepat. Akan menarik melihat potensi budaya serta sosial-ekonomi yang diperoleh ketika warga China, Vietnam, dan Indonesia mulai banyak bepergian,” tambah Timothy.
 
Survei juga menemukan bahwa 18% orang tidak pernah bepergian ke negara lain, dengan 13% di antaranya berusia di atas 55 tahun.   

Yang menarik, di antara pasar non-Asia Pasifik (Britania Raya, Amerika Serikat, Uni Emirat Arab, Kerajaan Arab Saudi), orang Amerika ternyata paling sedikit bepergian, dengan 29% orang tidak pernah pergi ke luar negaranya.   by